TOP 6 Jenis Kue Kering Nusantara Terpopuler - Our Fav Cookies

Kue Kering Terfavorit - Hello Dears, musim perayaan memang identik dengan liburan, berkumpul dan reuni. Biasanya kita akan bersilaturahmi dengan keluarga & kerabat sambil menjamu selera.

Nah, salah satu hidangan musim perayaan lebaran / natalan / imlek / hari besar keagamaan lainnya / tahun baru / dll yang sering disuguhkan untuk para tetamu adalah Kue Kering. Jadi kita bisa ngobrol sambil ngemil gitu deh :D

Pada awal kemunculannya, adonan kue kering ini hanya terdiri dari campuran tepung, mentega, telur dan gula saja. Biasa disebut Kue Semprit, karena memang salah satu cetakan kue legendaris untuk kue kering adalah semprit.

Cetakan jenis ini dapat menghasilkan berbagai macam bentuk dalam satu set, praktis sekali. Tapi dari segi rasa, kue zaman dahulu cenderung mirip. Perbedaannya hanya terletak pada bahan olesan atau hiasannya.

Seiring perkembangan, kue kering pun mengalami banyak perubahan, baik dari segi bahan, cara, maupun penyajiannya. Yang pasti, kue nusantara kini sudah semakin bervariasi, berbagai unsur daerah dan negara bisa digabungkan ke dalam satu resep.

Yup, kali ini kita akan coba untuk merangkum jenis-jenis kue kering yang populer di Nusantara. Semoga anda setuju dengan list saya ya ^.^ .. Ini dia;

6 Jenis Kue Kering Nusantara Terpopuler - Our Fav Cookies

#1. Kue Nastar


Hayo, siapa yang belum pernah dengar dan belum pernah rasa kue ini? Tidak ada dunk ya. Semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai ke orang dewasa, pria atau wanita, semua pasti tahu dan suka ^_^

Nastar merupakan kue kering bertekstur lembut dengan selai nanas sebagai inti. Asal usul kue ini ada banyak sekali versinya lho dears, ada yang bilang dari daerah sini ada yang bilang daerah situ.

Tapi itu tidak penting, hehe, karena apa? Ya sudah pasti karena kue ini sudah sangat memasyarakat secara luas dan sangat digemari. ^_^

Resep tradisional kue ini memang mewajibkan kita memakai nanas sebagai inti, namanya saja sudah Tart Nanas ya. Namun, seiring perkembangan dan kemajuan dunia per-kue-han :D, nastar juga ikutan berkembang sesuai selera.

Keragaman ini tidak hanya terletak pada "Bahan tambahan" adonannya saja, tetapi juga inti/isinya. Ada nastar stroberi, nastar mangga, nastar lemon, dan banyak lagi ^_^ ..

Ingin tahu resep nastar lembut? Simak: Resep Nastar Asli Lembut (Tat Nenas).


#2. Kue Cokelat


Yak, jenis kue kering dengan "cokelat bubuk" sebagai bahan utama. Yang paling membuat kue ini masih dan selalu populer adalah rasanya yang menggabungkan unsur lama dan baru.

Pada resep asli, adonannya hanya terdiri dari bahan utama kue kering ditambah cokelat bubuk dan serbuk kayu manis, inilah ciri khas yang membuat kue ini semakin nikmat.

Seiring perkembangan, cokekat bubuk dapat digantikan dengan bahan yang lebih modern. Seperti: Milo, Ovaltine, Coco/Moca essence, bahkan Capucino pun bisa dijadikan alternatif sesuai selera.

Dan pastinya tetap mengekalkan bahan tradisional yang lebih praktis, hah? apa itu? .. Bumbu Spekkok adalah jawabannya, ini merupakan serbuk campuran berbagai macam bumbu dapur kue kering, sehingga kue kita akan beraroma khas dan tambah enak dengan bumbu ini.

Jenis kue cokelat paling modern adalah Brownies kering. Kue ini sangat unik, dimana adonannya cair serupa adonan Cake / Bolu yang dipanggang dengan cetakan khusus. Rasanya pun mantebz deh. ^_^

Mau resep kue cokelat ori? Simak: Resep Kue Cokelat Kayu Manis.


#3. Kue Kacang


Kue paling lemak dan lembut. Kue kacang ini salah satu kue kering yang paling banyak kreasinya lho. Tetapi resep aslinya ya sudah pasti bahan utama plus kacang tanah halus.

Seiring perkembangan, kue kacang juga mengalami perubahan bahan utama, diantaranya: Mentega yang digantikan dengan minyak goreng, dan juga Kacang tanah yang terkadang digantikan dengan kacang mete atau kacang almond halus.

Tambahan cita rasa nya pun beragam, ada yang tetap asli yaitu rasa lemak manis, ada yang suka rasa pedas dengan menambahkan rempah kari/lada, ada yang suka lebih modern dengan menambahkan keju edam, ada juga yang suka menambahkan serbuk kopi atau moca.

Wahh, patut dicoba satu per satu nih ^_^ .. Tapi kalau kita tetap ingin yang lembut dan sederhana bagaimana? Simak: Resep Kue Kacang Tanpa Mentega Super Lembut.


#4. Kue Putri Salju


Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa kue ini enak dan unik, hehe. Jenis kue kering satu ini memang selembut karakter populer itu lho.

Yup, Putri Salju, merupakan kue kering bersalut gula halus putih bagaikan salju.

Ada juga yang menyebut kue ini dengan kue makmur, bahan dan rasanya tak terlalu berbeda, hanya cara pembutannya saja yang agak berbeda. Resep yang satu dibuat dengan mengocok bahan utama dahulu, sementara yang satu lagi langsung mencampurkan semua bahan. 

Begitu digigit, langsung nyes dilidah, perpaduan manis gula dan rasa lemak susu dan butter pada adonan bikin kita ketagihan dan ingin lagi ingin lagi lagi :D

Seiring perkembangan, kue salju tidak hanya identik dengan campuran kacang halus sebagai penambah kerenyahannya, tetapi sudah banyak resep modern yang berani menambahkan bahan yang lebih tidak biasa.

Sebut saja campuran esense buah-buahan (lemon, pisang, durian), cokelat, dan bahkan serbuk jahe. Semua tergantung kreatifitas dan selera kita. Bila ingin beda atau bereksperimen, coba deh, pasti tetap asik ^_^

Pengen nyoba yang termudah saja ah, minta resep boleh nggak? Simak: Resep Kue Putri Salju & Kue Salju Inti Kacang.


#5. Kue Sagu Kelapa


Ini salah satu kue tersimple. Hanya dengan mencampurkan tepung sagu atau tepung kanji, gula dan kelapa parut, kita sudah bisa mencetaknya dengan cetakan khusus lalu dipanggang. Jadi deh kue kita .. ^_^

Seiring perkembangan, kue modern lainnya yang menggunakan bahan utama "tepung sagu / kanji" yang dicampur dengan bahan pelengkap "kelapa parut/halus" dan "santan" juga sering disebut sebagai "Kue Sagu".

Sebutan lainnya adalah "Kue Kelapa" atau "Kue Bangkit". Walaupun kue bangkit agak berbeda sih. Yaitu cara membuatnya yang lebih detail, bahannya juga lebih banyak, tapi tetap saja tema kuenya "sagu dan sari pati kelapa".

Semua hasil dari kue jenis ini akan sangat renyah. Makanya saya rangkum saja kue-kue itu di poin ini. Ada contoh resepnya? Simak: Resep Kue Kering Sagu Kelapa.


#6. Kue Kering Goreng


Nah, ini mungkin agak membingungkan ya. Bukankah kue kering biasanya hanya dikaitkan dengan oven? .. Iya, tapi seiring perkembangan, (dari tadi kata-katanya itu mulu ye :D), kue jenis goreng juga masuk ke area kue kering alias cemilan populer, termasuk di musim perayaan.

Bahan tradisional dan modern sudah menyatu diresep kue jenis ini, kita tinggal pilih, apakah ingin tetap menggunakan resep asli, atau ingin yang sudah dimodifikasi, langsung saja dibuat. Bentuk dan cetakannya pun macam-macam.

Ada Rempeyek, Kembang Goyang, Kue Bawang, Pastel, Kacang Telur, Kue Akar Kelapa, Kue Keju, dst..

Krenyes deh, ada yang bisa dicoba tidak? Simak: Resep Kue Akar Kelapa Renyah dan 3 Resep Kue Kering Gorengan Simple.

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Berbagai macam kue hari raya

Oke lah, itu dia 6 jenis kue kering paling familiar dan paling digemari. Info tambahan, berikut adalah jenis kue dan cemilan musim perayaan yang juga populer;

Kaastengels,

Full keju, mulai dari bahan campurannya sampai hiasannya pun pakai keju. Berasa kebule-bulean yah hihihi, sudah populer sejak zaman londo alias era kolonial Belanda :D ..

Kastangel klasik hanya terdiri dari 2 bahan utama kue (tepung & mentega) plus keju yang langsung diaduk rata lalu dicetak. Sementara kastangel kreatif menggunakan bahan yang lebih banyak dan juga menggunakan mixer. Kue ini lemak banget deh.

Lidah Kucing,

Waduh? Lidahnya si pupus cat? Bukaaaan, ini kue dengan cetakan khusus yang ceper sehingga hasil bentuknya menyerupai lidah ..

(Semoga memang begitu asal usul namanya ya, nanti saya oprek lagi tentang nama kue yang unik ini :D) ..

Meskipun begitu, tetap saja kue ini terkenal dengan rasanya yang juga khas lho. Mmmm bikin katagihan.

Keripik Dan Kerupuk,

Dua jenis panganan goreng yang terbuat dari bahan tradisional.

Keripik lebih sering terbuat dari umbi-umbian dan pisang. Ada yang klasik, asli tanpa ada campuran bahan lainnya.

Ada juga variasi lainnya, seperti: diberi campuran perisa / penyedap rasa keju, cokelat, sambal ataupun gula karamel.

Kerupuk yang paling sering disajikan adalah kerupuk ikan spesial, dengan bentuk dan warna yang menarik tentunya. Satu lagi adalah Emping yang terbuat dari biji melinjo, enak banget, plus mahaaal banget :D

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Bagaimana dears? Suka yang mana? Kalau saya sih suka membuat dan memakan semua nya, ffhhhhihih :D

So, apalagi? Mari kita mulai mencicil beli peralatannya, cari bahan-bahannya, belajar perlahan, lama-lama kita bisa bangun bisnis kuliner (oleh-oleh) imut dan sedap. Sambil terus menyenangkan keluarga dengan hidangan istimewa ^.^

Untuk mengetahui perbedaan dan jenis-jenis bahan kue kering, bisa anda baca panduannya di:

Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan