Ternyata Mendesain Template Blog Tak Semudah Menggambar Art

"Bangun reputasi dan kebanggaan diri dengan cara menghargai karya dan jerih payah orang lain" - Wuihh, keren sekaligus berat juga ya, hehe..

Menggambar adalah salah satu hal paling menakjubkan. Menuangkan segala imajinasi diatas kertas, membentuk object, garis, kurva dan mewarnainya sesuka hati. Disaat gambar selesai, wuusshhh semriwing, senangnya hatiku.

Lihat karya gambar saya di folder Artwork ya.

^.^

Ternyata Mendesain Template Blog Tak Semudah Menggambar Art

Desain-mendesain memang asik, banyak hal yang bisa kita peroleh jika kita mau belajar dan atau mengembangkan bakat alami yang ada dalam diri kita. Selain materi, kita juga akan semakin bangga pada diri kita nih setelah kita mengukir sesuatu yang positif dan "abadi". Just do it (tanpa bertinggi hati).

Yup, itulah salah satu kebanggaan saya, walau mungkin bagi orang lain karya-karya saya ini tidak ada apa-apa nya atau jelek banget. Biarin deh, yang penting hasil tangan sendiri ^_^

☆☆☆♡☆☆☆

Nah, akhir-akhir ini, saya mulai ingin mencoba menghasilkan template blog, jadi saya akan punya label saya sendiri di bagian footer credit blog saya.

Diawali dengan template blogger yang saya rombak habis-habisan (walau tidak akan habis), hihi, Blogger mengizinkan para pemilik blog berkreasi sesukanya kan. Jadi, saya coba untuk mengubah template bawaan blogger menjadi lebih keren. Tetapi..........

Hasilnya kok jadi alay gini? :D
Blogger Template Design And Modified
Image © Eva d0LLzz
by Eva d0LLzz
Powered by Blogger.com

Seperti yang kita tahu tentang template ori di Blogger, banyak bagian yang perlu kita ubah, tambahi, kurangi, dan sesuaikan dengan perkembangan Internet & Tech.

Berbeda sekali dengan disaat mulai ngeblog tahun kemarin, saya cuma modifikasi seadanya, selain karena memang belum terlalu ngerti sih :D

Soalnya, untuk edit tampilan blogger atau menciptakan template blog yang baru, tiap kode (termasuk css & meta tag) harus benar-benar diperhatikan dengan teliti, agar bisa tepat, akurat dan indah. (Salut untuk para designer template).

Simak juga: Karyanya Para Blogger - Bukan Hanya Artikel Online - Benarkah?

Kira-kira (kerangka) rancangan awalnya begini;

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:version=....................'>

<head>

Input kode-kode.................

<b:skin>

Input kode-kode.................

</b:skin>

Input kode-kode.................

</head>

<body>

Input kode-kode.................

</body>

</html>

Hasil template editan saya yang perdana ada diatas, kurang teliti tuh, gambar header kok jadi melorot gitu ditampilan mobile :D

Nah setelah oprek sana-sini, akhirnya jadi juga nih template saya. Rombakan dari template bawaan blogspot, hehe. Saya gunakan pada subdomain saya, yaitu http://www.gallery.evadollzz.com/ .. ini di penampakannya:

http://www.gallery.evadollzz.com/

Ya, sekarang ini mobile-friendly sites sangat recommended kan?. Untuk membuat Blog kita seperti Bunglon (plus responsive) yang bisa menyesuaikan diri disetiap tempat yang disinggahinya, kita memerlukan tenaga ekstra.

Seperti blog ini, template aslinya bagus dan rapi, makanya saya download (gratisan :D) dan install, tetapi versi lama yang saya download tidak mobile-friendly.

Terpaksa saya kepo-kepo cari info untuk memperbaikinya, dan sekalian memodifikasi tampilannya agar lebih maknyus. (ini yang saya suka dari template ini, saya bisa ubah sesuai keinginan asalkan tidak mengubah design utama dan link credit). Sadar diri, kan gratisan .. ^_^ ..

Berikut hasil modifikasi saya yang kemudian saya terapkan juga ke template-template blogger editan yang lain (seperti yang diatas);

Modified By Eva d0LLzz

Responsive Blog Design
PC (Desktop)

Responsive Blog Design
Laptop

Responsive Blog Design
Tablet

Responsive Blog Design
Mobile Phone

Coba perhatikan penampakan paragraf artikel ditiap screenshots, berbeda kan?

Itulah sebabnya kenapa pada artikel-artikel baru saya, paragrafnya selalu pendek-pendek. Gambar pun ditengah, tidak ke kanan/kiri.

Pada tampilan PC dan Laptop mungkin terlihat kurang bagus, seolah-olah banyak ruang kosong. Tapi coba lihat ditampilan tablet dan mobile, sangat pas sekali bukan? ^_^

Kebanyakan pembaca mengunjungi blog saya melalui (Top 5 pv by OS) ;

Day
Android
3572 (52%)
Windows
2208 (32%)
BlackBerry
567 (8%)
iPhone
136 (1%)
Linux
132 (1%)

Week
Android
21255 (49%)
Windows
14259 (33%)
BlackBerry
3882 (9%)
iPhone
1152 (2%)
Linux
773 (1%)

Month
Android
81500 (46%)
Windows
66787 (38%)
BlackBerry
11863 (6%)
iPhone
5120 (2%)
Linux
2984 (1%)

[ Jangan ngetawain jumlah pageviews saya yang tidak sebanyak para masters ya Dears, maklumlah, masih newbie :D ]

Satu hal yang juga penting, percobaan google untuk membantu pengguna internet Indonesia (dan dunia) yang memakai koneksi internet lambat agar tetap bisa berinternet ria ini sangat bagus juga. Thank you so much for that.
Google mendeteksi bahwa koneksi Anda lambat dan telah mengoptimalkan laman ini untuk menghemat data hingga 80%. Pelajari lebih lanjut.
Googleweblight evadollzz.com
Ada pengunjung yang punya 'sambungan seluler lambat',
jadi blog saya harus di transkode,
agar pengunjung tersebut tetap bisa membaca tulisan saya dengan lancar.

Tapi kok halaman artikel saya jadi agak berantakan gitu ya? .. Hmm nanti saya coba perbaiki 'spacing' artikelnya deh, semoga bisa teratasi; Googleweblight evadollzz.com.

~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~

Bagaimana? Sekarang mengerti kan bahwa menciptakan karya yang bagus dan bermanfaat bagi orang banyak itu tidak mudah. Butuh kreatifitas, tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Jadi, sangat amat wajar sekali kalau Designer Template akan ngamuk besar ketika ada blogger nakal yang seenaknya mencabut "credit hak cipta" dari template gratisan.

Makanya sekarang banyak designer yang akan menyelipkan 'sesuatu'.

Yang itu lho, pemilik blog yang menghapus link credit tidak akan bisa membuka blognya karena akan di redirect ke situs pemilik/ penjual/ penyedia template. Dan nyatanya, hal inipun masih bisa diakali oleh para 'oknum' tertentu >_< ..

Tanya diri sendiri saja lah ya. Jawab sendiri juga :D

Oke dehhh, sekian ulasan tentang Karya cipta dan tampilan blog.

Endingnya: hargai karya orang lain. (Try) ^.^


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: , ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan