Resep Kue Kacang Tanpa Mentega Super Lembut (Peanut Cookie)

Jangan khawatir, kue ini di jamin 100% lembut, hehe, no mentega nih.. No mixer.. Sangat mudah dan praktis. Kita hanya pakai bahan minyak masak, gula, kacang, dan tepung..

Bila tidak ingin terlalu kebanyakan unsur minyak, anda bisa sangrai saja kacangnya sebelum di blender ya. Bagi yang tidak masalah dengan minyak-minyakan, bisa goreng kacangnya. Ini resepnya; ^.^

Resep Kue Kacang Super Lembut (Peanut Cookie)

Bahan-Bahan:

200 gram - Tepung terigu

150 gram - Tepung maizena

250 gram - Minyak goreng non kolesterol

150 gram - Gula tepung (Gula halus)

200 gram - Kacang tanah kupas (dihaluskan)

Hiasan:

Putih telur, pasta kuning, sukade atau coklat butir warna-warni.


Cara membuat:
  1. Sangrai / goreng kacang sampai kekuningan. Bila anda menyukai kacang yang setengah matang, anda bisa menyangrai kacang sampai kekuningan dan langsung dihaluskan / diblander.
  2. Bila anda suka yang benar-benar matang dan untuk menghasilkan warna kue yang lebih kuning kecoklatan, anda bisa menggoreng kacang.
  3. Setelah digoreng, angkat lalu diamkan dahulu kacang yang telah digoreng tersebut agar benar-benar kering dan tidak terlalu berminyak saat diblander.
  4. Setelah kacang dihaluskan, campurkan dengan minyak goreng, aduk sampai benar-benar menyatu dengan minyak goreng.
  5. Lalu tambahkan gula tepung, aduk sampai benar-benar rata, jangan sampai ada yang menggumpal.
  6. Setelah rata, tambahkan tepung terigu + tepung maizena, masukkan secara bergantian sedikit-sedikit sampai jadi adonan.
  7. Ambil sebagian adonan untuk digiling (gunakan kertas minyak / kertas roti agar tidak lengket). Setelah itu cetak sesuai selera. Letakkan adonan yang telah dicetak diloyang.
  8. Siapkan putih telur ditambah pasta kuning untuk menghasilkan warna yang bagus (bisa juga memakai kuning telur, tapi warnanya kurang kelihatan, jadi anda masih perlu menambahkan pasta kuning. Karena itu lebih baik menggunakan sisa telur yang kuning telurnya telah diambil untuk adonan ^_^).
  9. Lalu oleskan pada adonan kue yang sudah dicetak tadi dengan menggunakan kuas, tempelkan sukade di tengahnya atau taburi dengan coklat butiran.
  10. Panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).
Selamat mencoba ;)

Untuk mengetahui perbedaan dan jenis-jenis bahan kue kering, bisa anda baca panduannya di:

Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan