Resep Kue Kering Sagu Kelapa

Kue sagu memang identik dengan "kerenyahan" dan rasanya yang selalu beda. Bila tidak bisa menemukan tepung sagu, kita selalunya menggunakan tepung meizena (kanji) yang di sangrai (di gongseng)..

Nah, ini dia resep kue special dengan menggunakan tepung kanji sangrai + Santan cair + kelapa kering. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk mulai coba buat; ^.^

Resep Kue Kering Sagu Kelapa

Bahan-bahan:

230 gram - Tepung sagu (bisa memakai Tepung kanji/maizena)

150 gram - Margarin

100 gram - Gula tepung (Gula halus)

    1 Butir - Telur utuh

  20 gram - Susu bubuk

  70 gram - Kelapa kering dihaluskan (Bisa memakai yang sudah jadi/instan)

2 sendok makan - Santan kelapa kental (Bisa memakai yang sudah jadi/instan)

Alat:

Plastik segitiga dan cetakan semprit

Cara membuat:
  1. Sangrai /panaskan dengan wajan diatas api kecil Tepung sagu (Kanji/Maizena) sampai matang dan jangan sampai hangus. Setelah itu diamkan sampai benar-benar dingin, lalu ayak dan sishkan dahulu.
  2. Mixer Margarin + gula halus. Jangan terlalu lama, hanya sekitar 20 detik dengan kecepatan sedang sampai semua bahan menyatu.
  3. Kurangi kecepatan mixer (sampai yang terendah), masukkan telur utuh sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Lalu masukkan santai kental, aduk rata sebentar. Matikan mixer.
  4. Masukkan kelapa kering + susu bubuk, aduk rata. Lalu masukkan sedikit-sedikit tepung sambil terus diratakan dengan sendok kayu. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk.
  5. (catatan: adonan kue ini memang agak lembek – seperti antara adonan cake dan kue kering – jadi jangan menambahkan tepung untuk mengeraskan adonan).
  6. Ambil plastik segitiga yang sudah disatukan dengan cetakan semprit, masukkan adonan dengan menggunakan sendok, lalu semprotkan langsung ke Loyang yang sudah diolesi mentega. Lakukan terus sampai semua adonan habis.
  7. Panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).
Selamat mencoba ;)

Untuk mengetahui perbedaan dan jenis-jenis bahan kue kering, bisa anda baca panduannya di:


Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan