4 Jenis Buku Wajib Baca - Untuk 'Smart Girls and Women'

Generasi masa kini. Gaul Cermat, Tepat, Manfaat - Hello Dears, back to basic, kembali ke format awal Blog ini. Hehe. Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke sini pasti kurang memgerti maksudnya, bagi yang sudah beberapa kali mampir ke blog kecil saya ini, (terutama my good friends), pasti paham. ^.^

Kembali ke topik utama, yakni -Buku dan Majalah keren untuk kita-;

"Smart Girls and Women", kalau diterjemah secara langsung akan berarti "Cewek dan Wanita Pintar nan Pandai", intinya: Jadilah Perempuan Indonesia yang Bijak lagi Cerdas. Gitu lhooooo ^^

Berikut adalah buku-buku mantap yang bisa kita jadikan bekal dalam pergaulan, sekalian sebagai pendamping ilmu digital - Online. ^_^

Check them out;

Cara "gaul" yang juga keren ~Membaca buku~


#1 Buku Rangkuman ~Pengetahuan Umum~


Buku Pengetahuan Umum. www.evadollzz.com

Buku jenis ini lebih mirip dengan buku RPAL atau RPUL yang diperuntukkan untuk murid sekolah. Rangkuman Pengetahuan Alam/Umum Lengkap. Biasanya isi pada buku itu hanya difokuskan pada hal-hal yang berhubungan dengan kurikulum. Ada juga gabungan keduanya, yakni RPAUL.

Sedangkan 2 contoh buku yang ada di gambar pertama di atas, cakupannya lebih luas. Cocok untuk kita yang haus dengan pengetahuan tak terduga. Hihi.

1.a Prestasi Indonesia yang mengguncang dunia.

Buku dari Pena Kreativa ini berisi informasi prestasi-prestasi anak negeri yang membanggakan negara. Bahasa dan penyampaiannya termasuk asyik dan mudah dipahami. Ada sedikit bahasa Alay sih, tapi sepertinya hanya selingan saja.

(Blog saya ini juga sering selipkan bahasa plesetan sebagai penyeri, enggak masalah. Tapi jangan berlebihan yo.) ^.^

Beberapa hal menarik di buku tersebut;
  • Pelukis Indonesia ternama (Terbaik dari yang terbaik): Raden Saleh & Affandi Koesoema.
  • Penulis Indonesia yang mendunia: W.S Rendra, Taufik Ismail, Ahmad Tohari, NH Dini. (Di daftar lain: Pramoedya Ananta Toer, Erick Setiawan, Andrea Hirata)
  • Pahlawan Asia versi Majalah TIME: Iwan Fals (Musisi), Pramoedya Ananta Toer (Sastrawan), Christine Hakim (Aktris)
  • Penyanyi Asia Terpopuler di Eropa: Anggun. (Tahun 2015 mendapat Anugerah khas di APM -Anugerah Planet Muzik-)
  • Orang Indonesia di Silicon Valley: Sehat Sutarja (Marvell Technology)
  • Pianis belia juara di Ukraina: Joey Alexander (Tahun 2016 perform dan masuk Grammy Awards)
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.. Bangganyaa. ^.^

1.b Buku Terbaik di Dunia.

Buku satu ini lebih fokus ke "Dunia" secara global. Memaparkan info peristiwa (sejarah) yang Ter dan Ter di seluruh jagat raya.

Ini merupakan buku karya Jan Payne yang di alih bahasa oleh Witta Nandyaningrum, dan editornya Dr. Lyndon Saputra. Ilustrasi bahasan di buku ini lucu-lucu. Pokoknya bikin senyam-senyum alias nyengir, sesekali mengerutkan dahi karena Ternyata ada yang begitu tho di dunia ini. :D

Mulai dari yang Terunik, Tercepat, Terpanas, Tertinggi, Teraneh, Terburuk, Terkonyol, Terbesar, sampai yang 'paling bau' atau 'paling merugikan' pun ada. Ahayhay.

Contoh:
"Kesalahan Terfatal di Dunia"
The Hubble Space Telescope merupakan salah satu temuan terbesar di dunia sains. Namun beberapa tahun setelah peluncuran pertamanya, 1990, perangkat tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Rupanya, sang penemu/perancang program, (Erwin Hubble), salah membedakan antara Sentimeter dengan Inci pada kalkulasinya. Sehingga dibutuhkan dana ratusan juta dolar untuk membenahi kesalahannya tersebut.

Sumber terbaru menurut Wikipedia.org: Perangkat Hubble mengirimkan gambar yang buram dan tidak jelas. Pada akhirnya, NASA menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia! Pada bulan Desember 1993, pesawat ulang-alik Endeavor dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkankamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.

Ceritanya seru juga. Semacam Trial and Error untuk mencapai hasil terbaik gitu kali ya. ^^


#2 Buku Pelajaran 'Khusus'


4 Jenis Buku Wajib Baca. Buku Kamus ~ KBBI

Coba ingat kembali, kapan terakhir kalinya kita membuka buku kamus dan segala bentuk sumber pengetahuan berbahasa Indonesia? Bagi yang sudah tamat sekolah, mungkin jawabannya "sudah lama sekali".

Memang banyak diantara kita yang berpikir bahwa KBBI dan Pelajaran Bahasa Indonesia itu membosankan atau terkesan kaku ya?

Itu 'agak' wajar juga sih, mengingat sekarang ini Era-nya "fun and relax" mungkin? Ehehe, maaf, saya tak mau komen lebih banyak tentang itu ah, takut di marahin sama pihak-pihak tertentu. Kabuuurrrr.. uuupppss.. Kidding.. ^^

Saya sudah mengulasnya sedikit di Indahnya Bahasa Indonesia, ada banyak cara komunikasi kita sesuai tempat dan situasi. Diantaranya: Resmi (formal - cenderung baku) dan Umum (sehari-hari - cenderung santai sesuai kebiasaan di daerah masing-masing).

So, jangan sampai lupa total bahwa Bahasa Indonesia itu keren. Belajar dan menggunakan Bahasa Asing (Terutama Bahasa Inggris) pun bukan berarti kita tidak mencintai NKRI, kan? ^_^

-Yang saya dengar, sekarang EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sudah berubah menjadi EBI (Ejaan Bahasa Indonesia)-
Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. (Ada juga di Tak Sabar Menunggu Kamus Edisi Baru - New Edition 2016)
Sejauh ini baru ada 4 edisi KBBI yang telah resmi dikeluarkan. Mungkin sudah 5 edisi, belakangan ini saya kurang mengikutinya lagi. ^^

Untuk KBBI Daring (Dalam Jaringan)/Online, sekarang ini ada beberapa yang bisa dijadikan rujukan, yakni:
  1. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php
  2. http://kbbi.web.id/
  3. http://kbbi.kemdikbud.go.id/
  4. http://kosakata.kemdikbud.go.id/
  5. http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php
  6. http://melayuonline.com/ind/dictionary
*Ada juga KBBI Luring (Luar Jaringan)/Offline, bisa di download. Pastikan kita cari sumber yang terpecaya agar tidak salah download. ^^

~~~~~~~~

4 Jenis Buku Wajib Baca. Robot. Buku Anak dan Remaja. Books and Magazines.

Nah yang ini masuk ke topik Teknologi juga, tepatnya Robot. Buku ini merupakan rangkuman sejarah, jenis, fungsi, dan tujuan robot. Dikemas ringan lho. Tidak hanya cocok untuk remaja, tetapi juga untuk anak-anak (SD-SMP). Yang PAUD/TK harus didampingi Ibunya, biar bisa menerangkan (gambarnya) dengan pas dan lembut. ^_^

Yup, buku ini merupakan sebuah buku dengan banyak "seri" sebetulnya. Yang ini berjudul: "Buku Bergambar, Rahasia Alam. #22 : Rahasia Robot". Ada banyak lagi Rahasia Alam lainnya, diantaranya: Rahasia Keajaiban Dunia, Rahasia Dinosaurus, Rahasia Hutan, Rahasia Fenomena Alam, Rahasia Satelit, dan banyak lagi.

Bagus kok, ada gambar ilustrasi bernuansa modern dan "unyu", ala komik gitu deh. Ini karyanya Wong Comic siiih. Yuk cari dan mulai baca. ^_^

~~~~~~~~

Estyyn. Buku pintar kepribadian cewek pintar. www.evadollzz.com
Jangan lupa catat tanggal/bulan/tahun tiap membeli buku ya.
Owned by EstyYn

"Waduh? Buku motivasi beserta tips ini itu? Pasti berat nih..." >_<

Jawabannya: NOT REALLY - Tidak juga sih. Kalau kita ingin inti ilmu yang bersifat agak "lebih serius", tak ada ruginya untuk membacanya lho Dears. Buku ini memang pas untuk Remaja Putri. Cewek gaul yang ingin gaul secara positif dan mumpuni. Ini termasuk buku ringan. ^_^

Buku Pintar Kepribadian Cewek Pintar merupakan buah karya Nilam Sari yang juga pengarang buku Trick of Women.

Dalam buku ini, terdapat pengantar yang lumayan bagus. "Kepribadian yang menarik itu terdiri dari bermacam faktor. Mulai dari penampilan, gaya bicara, sikap, wawasan, dan pola pikir".

Nah dari itu, keseluruhan buku ini terpecah menjadi bagian I - V. Masing-masing sub-topik dijelaskan dengan simpel dan ringan. Terbagi dalam point-point kecil lagi agar tidak melelahkan mata kita saat membacanya.

Maklumlah, kadang-kadang membaca tulisan dengan paragraf yang terlalu panjang dan penuh istilah berat memang bikin ngantuk siiihhh. Kan? :D

Ambil point yang terbaik dan termampu dilakukan dari keseluruhan bahasan. Jika ada point yang mungkin agak susah atau kurang pas dengan kondisi kita, jadikanlah ia sebagai ilmu tambahan. Mungkin suatu saat bisa berguna.

Karya lain ada di postingan: Karyanya Para Blogger - Bukan Hanya Artikel Online - Benarkah?


#3 Buku Majalah 


4 Jenis Buku Wajib Baca. Buku Anak dan Remaja. Books and Magazines.

Hayooooo, berapa banyak dari kita yang masih suka beli dan baca majalah cetak? Wiii jangan-jangan jawabannya "Ah ngapain, repot dan jadul banget sih, kan ada versi online, praktis (lancar dan mudah)".

Betul Dek, zaman ini semua serba digital dan online. Namun bukan berarti majalah versi cetak tidak keren lagi. Coba deh beli satu majalah, lalu kunjungi website resminya, bandingkan tiap isi dan rasakan perbedaan sensasi saat membaca tulisan di kertas dengan tulisan di layar hape.

Biasanya majalah terbit 2 minggu sekali, harganya paling mahal 15-25 Ribu (khusus majalah remaja). Setelah dibeli, baca, dan disimpan. Kapan-kapan bisa dibaca ulang saat penat atau saat kehabisan kuota Internet, atau low-batt, atau mati lampu tak bisa charging. Heheh.

Semua info dan tip berbagai bidang/aspek pengetahuan numplek menyatu dalam satu edisi. Ada info teknologi, entertainment, berita terkini (yang ringan), tips kreatif, dan banyak lagi. Walaupun lebih singkat dibanding buku, tapi lumayan pengiritan juga toh? Baca sambil dengar musik atau radio juga mantap.

Tapi....... jreng jreng.... ^^

Kalau adik-adik masih tak suka majalah cetak, atau, keberatan harga, atau, adik-adik kalah cepat sama pemburu majalah di daerah masing-masing, (hehe), langsung deh pantengin website-nya. Jangan mampir ke tempat enggak-enggak yo.


Majalah KawanKu. www.evadollzz.com

Majalah Anak;
  • Bobo & Bobo Junior
  • National Geographic Kids
  • Donal Bebek & family
  • Mombi
  • Apa lagi ya? Saya lupa nih Dears..... nanti saya update kalau 'teringat' lagi... :D

Majalah Remaja:
  • Kawanku,
  • Girlie, 
  • Aneka yess!,
  • Gadis,
  • Putri,
  • Anita,
  • dll........

Majalah Wanita pada umumnya (dan Wanita Karir pada khususnya):
  • CHIC, 
  • Cosmo, 
  • Kartini, 
  • dan banyak lagi yang lainnya....
  • Termasuk majalah/tabloid bertema khusus. Misal: Kuliner & Resep memasak, Desain Rumah, Merawat tanaman, Busana, dll..

#4 Buku Tips Perawatan Tubuh


Cantik dan Bugar sepanjang Usia. www.evadollzz.com

Yuuuhuu, masuk ke bagian penting terakhir nih. Buku panduan dan petunjuk. Tips dan Tutorial. Ya, kali ini kita coba tilik buku Cantik & Bugar Sepanjang Usia [ISBN: 978-97929-2258-5].

Buku ini membahas tentang merawat kulit dan tubuh dengan cara alami. Dimulai dengan ulasan jenis dan klasifikasi kulit berdasarkan usia, sampailah dengan tips berolahraga sesuai dengan usia.

Usia yang dimaksud dibagi 4 (Lihat gambar);
  • Usia 20-an; Pada fase ini merupakan puncak dari pertumbuhan fisik wanita. Syukuri apa yang telah Tuhan berikan, dan pusatkan perhatian pada kelebihan dan kelebihan. Perbaiki kekurangan diri dengan hal-hal ceria namun tetap positif.
  • Usia 30-an; Kehidupan sosial semakin meningkat, karir sudah mantap, (atau bahkan sudah memiliki keluarga sendiri), dan kondisi keuangan pun semakin mapan. Oleh sebab itulah, wanita di usia ini umumnya memiliki percaya diri yang tinggi.
  • Usia 40-an; Di masa ini wanita "seolah" dituntut untuk lebih bijaksana dalam menyikapi pertambahan usia. Dengan tetap mawas diri dan semangat, dapat membantu wanita agar terus segar dan memikat.
  • Usia 50-an; Pada usia ini bukan lagi waktunya mengeluhkan kekurangan dan menyesali perubahan apapun. Justru di masa ini wanita memiliki banyak waktu luang untuk diri sendiri.
Itulah dia, sedikit kutipan penting yang ada di buku itu. Bagus, saya suka tips-nya, sesuai usia. Tidak grasak-grusuk generalisasi. Kulit wajah kan memang perlu perhatian tersendiri ya, jangan sembarangan. ^^

Mungkin kita sering mendengar orang-orang bilang: "Masa muda harus fun, ngalir, tak usah banyak mikir, nanti cepat tua"

Pada frasa yang cetak tebal, ada ungkapan 'cepat tua', itu maksudnya muka (atau kadang tentang 'selera'). Katanya kalau terlalu banyak mikir bisa BERMUTU = BERMUka TUa. Aduh, serem......

Ho'oh lho, hal lainnya yang agak bikin sedih dan bisa saja bikin minder, (#FACT), misal nih;

Ada "berita" dengan judul:
"Deretan Mamah Muda yang tetap awet muda",
atau,
"Inilah Selebriti/"Artis" muda yang selalu tampil cantik dan mempesona hingga kini."

Nah lho? Kok Ibu Muda bisa awet muda? Yang muda masih kelihatan muda hingga kini?

Lah, jelas-jelas masih muda, ya pasti berwajah muda lah kan. Apanya yang WOW dari itu? Wajar toh?

(Pasti deh langsung dibilang 'ngiri' ato 'sirik aja luh'. Hihi, Ya kan? ^^)

Padahal nih, kalau ada anak muda yang terlihat lebih tua dari usianya, itu pasti banyak penyebab. Salah satunya ya tergantung gaya atau make up atau cara berpakaiannya juga kali ya.

Iya dong, terlalu sering berdandan tebal dan berlebihan dalam berpenampilan juga bisa bikin kita terlihat "tua" sebelum waktunya.

Oh, satu lagi, ada juga karena memang seseorang itu terlahir dengan raut wajah keibuan, (lembut gitu), plus suka yang simple - simplicity, jadinya sering tampil alami tanpa polesan dan berbusana apa adanya, menurut saya sih itu keren. Tapi eeh malah dikata sebagai "Bermutu" atau kampungan. Hmmm, jahat juga yak.

(Kan nggak mesti maksa untuk dandan ala K-pop atau ers-ersnya juga supaya tetap terlihat imut unyu unyu. ^^)

Soalnya, ada riset yang mengatakan bahwa orang yang terlalu banyak/sering terpapar cahaya gadget/flash kamera atau terlalu berlama-lama di AC atau kena sinar matahari langsung pun bisa bikin 'kulit' orang itu cepat "Bermutu". Hayooo..

Jadi, ya sedang-sedang saja. Sesuaikan dengan porsi dan keadaan, plus keperluan. Setuju?

(Menambah wawasan pun bukan berarti kita harus "mikir" berat setiap saat. Betul tak? ^^)


Simpulan:
  • Semua orang sama dalam hal: punya mimpi, punya ambisi, punya obsesi, dan punya tujuan hidup tersendiri. Hanya saja, bila sudah sampai pada urusan penempatan dan "cara" perwujudannya, tiap orang pasti berbeda. Sebisa mungkin jangan terlalu "ngoyo atau maksain diri". Jauhi "jalan instant". Ya?
  • Kenali passion/minat sejati kita dengan cara mencoba dan belajar banyak hal. Setelah menemukannya, yuk teruskan pada karya nyata. Don't give up.
  • Untuk adik-adik; saya sarankan agar kalian fokus pada pembentukan Pola pikir sehat dengan terus menambah wawasan, hal itu akan sejalan dengan penentuan sikap hidup yang cerdas dkk.
  • Dunia online dan offline sama kerennya selama ia bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Sebaik mungkin. Idealnya, dunia nyata tetap prioritas. Eh tapi...... kembali ke diri masing-masing saja nih ujung-ujungnya. Sukanya yang bagaimana. Online atau Offline, atau apapun, pilih yang terbaik menurut anda. ^_^
  • (Anak muda sejati pasti akan bijak dalam memilah-milih, mana cara Berkreasi Kreatif (highly recommended. Percaya pada kemampuan dirimu ya. ♡)

Oke, cukup sekian tulisan panjaaaangggg ini. Hehe, maaf ya, semoga tidak bosan dan ngantuk bacanya.

Lanjutkan karyanya Dears. All the best.

Simak juga yah: Realistic Creativity - Menggambar - Memasak - Menjahit. Cara alakadarnya, namun diharapkan usaha kita bisa langgeng dan terus meningkat seiring waktu. ^_^


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: , ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan