Studying Multimedia - Begini Rupanya, Sangat Menyenangkan

Pengalaman Belajar Basic (Kuliah Multimedia, Semester Awal) - Hai, bertemu lagi sama Suci Tria Setianingsih, biasa dipanggil Suci. Sebelumnya aku sudah pernah posting disini, boleh simak tulisanku di Liburan Kelulusan: Seharian Penuh Di Singapura - Ini Dia Tempat Kerennya.

Waktu itu adalah saat-saat indah kelulusanku. Bagaimana kelanjutannya? Sudah pastilah aku ke jenjang perkuliahan, hehe.

Sekarang ini Aku salah seorang mahasiswi Politeknik Negeri Batam, dengan program studi Multimedia dan Jaringan yang bisa disingkat dengan MJ.

Belajar dasar multimedia. Studying Multimedia and Network.

Nah, pada kesempatan kali ini aku sedikit ingin bercerita tentang pengalamanku belajar multimedia di Politeknik Negeri Batam. Tidak untuk menyombongkan diri ataupun pamer dan sebagainya, disini aku tulus dari hati yang paling dalam hanya untuk sharing tidak lebih dari itu. Okeyy ;)
Awalnya aku sama sekali tidak mengetahui apapun tentang multimedia. Jelas saja, karena sebelumnya aku adalah lulusan dari Madrasah Aliyah dan dari jurusan IPA.

Yang ku tahu saat itu adalah rumus mengukur gelombang, rumus menghitung PH, Jaringan epidermis dan parenkim, dan rumus-rumus memusingkan dari matematika seperti itu saja. Jadi, ketika awal aku menduduki kursi di Lab Animasi, jujur saja rasa takjub menyelimuti saat itu juga.
Karya Multimedia pertama di semester awal.
Gambar 1.1. Pertama kali mendapat tugas desain karakter. Inilah hasilnya ^^

Komputer Mac berjejer sepanjang mata memandang, Pen Tab ada disebelah kiri, dan mouse wireless disebelah kanan, membuatku merasa telah menjadi seorang komikus ataupun animator professional dimuka bumi ini. Caiyalaahh~ :D

Tapi satu hal yang ada dalam benakku saat itu. Bagaimana menggunakan semua alat yang ada disini ini ya? (tik tok tik tok) DUARR!! -_-

Lewatkan saja disaat yang seperti itu, tidak penting. Sama sekali tidak penting. Nah, yang penting sekarang aku mau memberi tahu pelajaran pertama yang aku dapatkan ketika memasuki kelas pertamaku saat itu yaitu tiga garis bebas. Apa sih maksudnya?
Karya Multimedia peningkatan kemahiran di semester awal.
Gambar 1.2. Tugas kedua sudah banyak lihat referensi. Hasilnya lebih baik kan? hehe

Dosen pertama yang memasuki kelas kami mengintruksikan bahwa sepotong kertas yang telah diberikan kepada kami harus ditulis tiga buah garis bebas, sesuka hati kita. Hanya tiga buah garis. Bisa garis lurus, garing lengkung, apa saja asalkan tidak membentuk suatu bentuk ataupun ruang.

Setelah itu tukar dengan teman sebelah, dan selesaikan menjadi sebuah gambar imajinatif dari tiga buah garis yang telah dibuat oleh teman sebelah kalian itu. Bagaimana greget gak tu? Belum ada pemanasan apa-apa langsung dikasih tugas yang memeras otak.

Karya Multimedia untuk pameran kelas di semester awal.
Gambar 1.3. Karyaku yang pernah di pamerkan pada pameran kelas (Ada bagian lengkapnya satu badan penuh).

Selain itu banyak materi yang sangat menyenangkan dari mata kuliah desain grafis ini. Bahkan mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favoritku di semester satu lalu. Dan yang paling menyenangkan menurutku adalah materi dari mendesain karakter.

Disana kita diarahkan untuk memikirkan sebuah karakter yang kita inginkan, lalu curahkan karakter itu menjadi sebuah gambar sketsa di kertas. Pertegas karakter itu dan scan gambarnya untuk ditracing di komputer menggunakan software Adobe Illustrator.

Apa kalian tahu?.. Awalnya dan untuk pertama kalinya, karakter yang kami buat masih sangat-sangat sederhana. Walaupun terlihat usaha kerasnya dalam membuat, tetap saja itu masih sangat simple dari yang diharapkan.
Karya Multimedia paling special di semester awal.
Gambar 1.4. Karya yang paling special dibuat dengan sepenuh jiwa.

Memang sih sebuah karya sangat bernilai jika dilihat dari prosesnya bukan dari hasilnya, tapi aku kasih tahu ini agar kalian yang se-prodi sama aku ataupun masih calon anak MJ tidak minder kalau gambarannya masih . . . yah gitu. Tau kan maksudnya hehe.

Tapi seiring berjalannya waktu dengan diiringi latihan yeng rutin, gambaran kita akan jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Percaya deh. ;)

Nah, aku sudah memperlihatkan sedikit hasil kerja kerasku, selama semester satu dalam membuat desain karakter. Mohon jangan judge apapun hasilnya apabila masih banyak kekurangannya ya.

Tapi dijamin ini dibuat dengan sangat serius dan bersemangat juga sedikit bumbu cinta yang diberikan didalmnya. ^^

Sekian dulu pengalamanku belajar multimedia di Politeknik Negeri Batam, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan semangat lagi untuk membuat karya. Berikutnya aku akan membagikan lebih banyak karya di blog ini.

Do’akan aku biar bisa buat pengalaman belajar jaringan juga ya. Akan aku posting lagi nanti. Terima kasih telah membaca.

Lihat koleksi simple Artworks dan Digitalworks.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan