Tidak Konsisten - Tujuan Ngeblog Berubah? (SEO, Rank, Monetize)

Suka Duka Fun Ngeblog, General Tips And Informations

Konsisten biasa di artikan sebagai teguh pendirian / tetap berpegang pada prinsip awal.. (eh? Benar tidak sih? :D) . Tapi intinya memang begitu kan.. Sebagian menganggap ke-tidak-konsisten-an ini sebagai hal yang tidak becus.

Sampai-sampai, setiap kali seseorang mengubah-ubah suatu keputusan maka orang itu akan langsung  di judge sebagai plin-plan dan tidak perlu di tanggapi.

WHAT? Ciyus? (Eh) ..

Kalau mengubah keputusan dengan alasan yang logis bagaimana? .. Seperti Blogger yang juga sering di anggap sebagai plin plan dalam menulis.

Contoh:

Di topik Internet dan Teknologi, Saya menuliskan:
"mari mengulik dan menikmati keindahan perkembangan dunia Tech"..

Di topik Seni atau Sosial, Saya menuliskan:
"teknologi memang keren, tapi memanfaatkannya untuk berkembang bukan berarti harus melupakan kepuasan dalam berkarya dan etika bersosial"


Hayooo, ada yang menganggap saya tidak konsisten bukan? .. 'Bukan' :D

Selain tergantung topik, komentar pembaca (feedback) dan perubahan terbaru dari suatu "case / bahasan" juga bisa membuat penulis blog merubah atau mengupdate artikel. Demi pembaca lhoooo, bukannya plin plan tidak jelas ^_^ ..

Itu dari sisi yang umum. Kalau dari sisi Blogger itu sendiri, adakah hal-hal yang membuat seorang pemilik blog berubah jadi aneh dan merasa plin plan?

Ya ada, khususnya bagi diri saya sendiri, hihi.

Awalnya cuma iseng sambil berbagi (lanjutkan aktivitas fun di situs "microblogging" terdahulu), sekalian coba-coba platform blogger, atau pengalihan waktu luang.

Tapi, seiring waktu, semakin kita larut pada perkembangan blog, semakin muncul pengetahuan baru yang membuat kita penasaran untuk mencobanya.

Alasan "suka-suka" itu berubah menjadi "obsesi kurang jelas" :D.. Entah sejak kapan saya jadi begitu.. (Sekarang sih sudah agak relax menjalani blog ini) ^_^

1. SEO


I love my blog

Buat blog dan mulai bertualang, mencari-cari tahu cara dan tips membuat artikel di blogger, sekalian mengetahui fungsi tiap tab dan menu di dashboard. Lalu berlanjut ke cara memperindah tampilan. Lanjut lagi cara edit html template blogger.

Nah, di perjalanan inilah saya dapati bahwa sebagian besar sumber yang saya baca tersebut selalu menyinggung tentang SEO. (Dulu sudah sering melihat istilah ini di artikel Internet sih, tapi saat itu saya tak pernah peduli untuk mencari tahu lebih lanjut) :D.

Kali ini penasaran, mulailah mencari tahu lagi. Akhirnya saya ketahui, fungsi dasar SEO ini adalah untuk membuat blog kita mudah muncul di search engine (seo - optimasi mesin pencarian).

Kenapa ingin muncul di situ?
Ya agar ada pembaca yang mampir ke blog kita ketika mereka mencari info di mesin pencarian.

Kenapa ingin pembaca datang?
Ya agar hal / info yang kita bagikan bisa bermanfaat, untuk menambah pengetahuan orang lain juga, walaupun itu hanya curhat alias pengalaman pribadi. Yang penting ada poinnya.

Dari situ lah saya mulai menerapkan dasar-dasar seo ini, memang hanya dasar, soalnya setelah saya coba dalami lagi, malah bikin pusing tujuh keliling.

Lagipula kata para master, jika terlalu berlebihan menerapkan teknik SEO pada blog dan artikel nanti hasilnya malah tidak jelas. Daripada salah oprek tidak karuan, saya stop dulu sampai di dasar.

Hanya segitu saja sudah hampir membuat tujuan awal ngeblog berubah ke khayalan menjadi master tingkat tinggi.. ^_^


2. RANGKING


(Image: Line chat.) Tidak Konsisten - Tujuan Ngeblog Jadi Berubah? (SEO, Rank, Monetize)

Masih berhubungan dengan poin pertama. Apabila blog sudah muncul di mesin penelusur, lalu pengunjung baru juga tambah banyak, kemudian akan ada pengunjung tetap, maka secara otomatis peringkat blog kita akan bagus.

Kita akan lumayan terkenal di kalangan blogger dan netizens. Artikel-artikel kita pun (di harapkan) semakin bermafaat bagi orang banyak.

Yup, itulah logikanya. Siapa yang tidak ingin begitu? ..

Sekali lagi, tujuan iseng ngeblog berubah semakin serius dan penuh ambisi (lho????)..

Yang tidak bagus adalah di saat peringkat blog berkurang sedikit, itu membuat saya agak stress dan susah fokus ke yang lain lagi, bawaannya ingin mengembalikan angka indah itu terus dan terus >_< .. That's not good..

Fokus dan serius ngeblog itu bagus, tapi kalau berlebihan sampai lupa diri, tidak bagus juga.

Bagaimana dengan sekarang?

Pasrah, karena proses pencapaian ranking situs/blog di Internet itu terlalu complicated, butuh pemahaman dan waktu khusus untuk fokus. Contohnya Alexa Rank. (Simak: Alexa Rank (Review) Kelebihan Dan Kekurangan ^_^)

Jadi, sekarang saya nyantai saja sambil terus memperbaiki info dan tulisan, agar semua bisa senang riang girang :D


3. MONETISASI (CARI UANG DARI BLOG)


Blogging. (SEO, Rank, Monetize) Tidak Konsisten - Tujuan Ngeblog Jadi Berubah?

Kita meluangkan waktu untuk mengingat apa kita tahu, mencari tambahan info (referensi lainnya), lalu mulai mengetik dan membagikannya. Dengan begitu, kita telah membantu orang lain, memberi informasi yang mereka cari, kan? (Ingat lho, yang bermanfaat ya ^_^)

Sebagai manusia, rasanya wajar bila kita sedikit memikirkan hal-hal bersifat komersial setelah bekerja keras. Yah, sekedar penambah saldo tabungan gitu, hihi.

Lihat di berbagai blog senior, pasti ada dua tiga artikel yang membahas blogging dan tentang "how to monetize your blog / Cara meraih penghasilan dari blog / dst..".

Ada yang melakukannya dengan slowly but sure, ada juga yang agak ekstrim (maksudnya: yang penting dapat duit, masalah artikel dan tampilan mah bodo amat), Adooy >_<

Berbagai cara dan rekomendasi telah di bagikan, 3 cara yang paling populer adalah:
  • Paid to review. (kita di bayar untuk me-review suatu produk atau jasa, lalu di posting di Blog. Kalau yang ini saya tidak begitu tertarik, sepertinya ide agak terhambat kalau buat artikel begini.. itu menurut saya pribadi lho). 
  • Affiliasi. (dapat komisi setelah kita berhasil menjual produk dari iklan yang kita tampilkan, ada juga yang memberi komisi tertentu setelah kita berhasil me-refer member baru. Yang ini gampang-gampang susah, tapi penuh tantangan, hehe. Note: pastikan dulu bahwa kita hanya ikut program yang terpercaya lho, bukan yang samar ya).
  • PPC (pay-per-click). (memang terlihat mudah, kita dapat komisi di saat ada pengunjung klik iklan, tapi sebenarnya tergantung programnya juga).
Program cari duit yang paling banyak di rekomendasikan apa?

Ya apa lagi kalau bukan bagian dari Google........ ppc Adsense. Sebagian besar artikel di Internet membahas hal-hal wow dari program ini dan penghasilan mereka pun wow semua.

Nah ini nih, yang juga sempat membuat saya jadi melenceng dan menggebu-gebu mengejar kesuksesan yang sama (walau belum tentu mampu, yang penting coba dulu)..

Tapi yang parah, Pekerjaan utama saya di dunia nyata pun jadi agak malas di kerjakan demi edit blog dan artikel, demi Adsense, biar bisa di terima untuk mengikuti program tersebut.. T_T ..

And Then.... Still.... Saya coba daftar. Wahhh Di tolak.. Penolakan pertama masih belum pengaruh banget, saya masih semangat perbaiki. Coba apply lagi yang kedua, Lho? Tolak lagi? Segitunya kah?..

Okelah saya tunggu sampai blog ini lebih mapan dan full perbaikan. Terakhir kali kemarin, masih juga konten tidak memadai?

Yah, tak apalah, memang bukan takdir saya gabung di situ, terlalu banyak kekurangannya nih blog saya ^_^

Blogger lain malah banyak juga yang di approve hanya sekali daftar, hebat. Ada juga yang punya semangat keren, di tolak berkali-kali masih semangat coba lagi dan lagi, dan akhirnya berhasil.

Bahkan setelah di terima, ada juga yang punya 10-100 blog yang terpampang iklan adsense (terutama di luar negeri). Wuihhhh, sanggup ya? Mantap deh kalau gitu ^_^ ..

Sah-sah saja. Yang penting lakukan yang terbaik (positively) untuk meraih keinginan yang menurut anda itulah yang terbaik.

Tapi bagi saya dan teman-teman terdekat, masih banyak jalan menuju Roma, yang sama legalnya. (Padahal karena sudah buntu, tak tahu harus bagaimana lagi >_< ..)

Yang terpenting, join program yang bisa diajak komunikasi saat kita menemui kendala. Peraturan sih boleh ketat, tapi seimbangkan lah dengan layanan yang baik juga, ya toh?  (Suara hati kecil rakyat kecil) ^.^

See that? Lagi-lagi, tujuan ngeblog hampir berubah menjadi aneh, hihi. Sekarang sudah lumayan banyak hal yang didapat untuk kedepannya di jadikan pedoman.



So, bagaimana? Setuju tidak setuju? #peace..

Itulah 3 hal sederhana yang bisa menjadi sumber "Migran" kalau kita berlebihan, atau terlalu ngarep, atau tidak hati-hati menjalankannya. Terbukti dari pengalaman saya di atas. Puyeeennggg..

Sorry to myself, saya tidak akan mengulanginya, uhuhu.

Kesimpulan

Search engine besar seperti google sekarang ini juga lebih mementingkan keunikan, ketepatan, dan keaneka ragaman informasi di suatu artikel, daripada hanya sekedar teknik seo atau backlink.

Quality and The Right Sources adalah yang paling penting, Kan? 

Menerbitkan artikel curhat seperti di blog diari pribadi atau menulis artikel tentang berita ter-hot sih memang sangat mudah, tapi entah kenapa saya kok kurang suka itu. Uffhhh >_<
  • Bila kebetulan topiknya pasaran, saya akan selipkan pengalaman atau eksperimen pribadi saya agar tidak kembaran dengan berita lain.
  • Bila artikel curhat, saya akan selipkan hal nyata diluar pengalaman/kegalauan saya. Yaitu referensi artikel lain atau opini orang terdekat atau yang semacam itu. Biar tetap berwarna dan tidak monoton. 
  • Bila sedang blank alias no idea, saya akan paksa adik-adik saya, ibu saya bahkan Ayah saya untuk memberi ide, wixixixi.. I love my family ;)
Sekali lagi, bagi saya referensi itu penting. Asalkan tidak copy paste atau rewrite (tulis ulang) mentah-mentah. Jadikan ia sebagai rujukan atau info pendukung saja. Just tulus dalam memberi info dan berbagi. (Pokoknya, stay on the line, dan sadar kapasitas diri). Ya?

Oke, that's all for now. All the best Bloggers. \m/ ^.^


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori:
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan