Kategori Utama Games - Yang Paling Umum

Jenis dan Kategori Games - Hello Dears, suka main game tidak? Pasti suka lah ya.

Mengenai jenis games, biasanya akan berhubungan dengan OS, seperti Java Games, Android, dst. 
Ada juga yang menilai jenis Games dari platform atau media dalam memainkan games itu.

game categories, type of games, kategori game, jenis games


Yang umum dan paling kita ketahui ada video game, pc game, playstation, nintendo, online game, phone game, dst...

Semuanya memang terdengar berbeda, namun intinya sih sama, ber-having fun ria bersama karakter fiktif. :D .. Dulu arena t*mezone di mall-mall juga sangat laris manis dan selalu ramai, lalu beralih ke warnet untuk main pc game online atau playstation spot, berlanjut lagi ke game yang ada di media sosial.

Kalau sekarang ini, yang sedang menjamur adalah aplikasi dan games smartphone. Hanya perlu Connect internet, cari game, install, lalu mainkan game sambil santai berselonjor atau rebahan di tempat tidur, Thats all, semakin mudah kan.

Selaindari jenis game berdasarkan os dan media, sering juga kita mengaitkan jenis game berdasarkan kategori / genrenya. Tapi biasanya jarang ada yang terlalu memperdulikan itu.

So, bagaimana kalau kita bahas sedikit tentang itu? .. 


Just for fun saja ya .. ^_^ .. Ini list utama-nya, check check check, marrriiii di simak;

1. Action


Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya. Sebuah permainan yang di penuhi dengan aksi dan tantangan. Pemain di haruskan untuk selalu konsentrasi dan bertindak cepat untuk menghindari rintangan atau mengalahkan musuh.

Di tiap tingkatan atau level, rintangan akan semakin berat. Aksi-aksi penyelamatan, pertempuran maupun pencapaian target akan terus berlanjut selagi nyawa (live/ heart) pemain masih ada. 

Game action ini juga punya beberapa sub-category, yaitu: Shooter game (tembak menembak), Fighting Game (pertarungan bela diri atau kendaraan), Platform Game (game berlokasi penuh aral dan berbagai musuh). 


2. Adventure - RPG


Petualangan, itulah arti dan definisi singkat game ini. Selalunya game di kategori ini akan mengandung sebuah alur cerita dengan satu atau dua karakter utama.

Pemain dapat mengendalikan tokoh utama dalam melewati berbagai lokasi dan lalu mengoleksi berbagai gift (setelah melewati rintangan tentunya). 

Goal/ target game ini biasanya adalah untuk mencapai tempat tujuan utama, seperti Istana atau tempat persembunyian harta karun. Atau menyelamatkan raja / putri yang di tawan. Dst. 

Proses untuk mencapai target ya memang sama seperti action game di atas, penuh aksi dan strategy. Kebanyakan special Puzzle game lah yang ada di kategori ini.


3. Arcade


Ini adalah game klasik yang ada pada mesin khusus yang bisa di jalankan dengan memasukkan koin. Pada mesin ini lengkap dengam layar monitor, joystick maupun tombol-tombol di depan monitor.

Karena bentuk dan ukurannya yang besar, mesin-mesin game ini biasanya hanya dapat kita temui di mall-mall besar, di club / bar, restoran, dan tempat hiburan umum lainnya. 

Nah game yang termasuk dalam kategori ini biasa merupakan gabungan action dan adventure. Sebut saja pinball, space invader, pacman, car racing dan banyak lagi. 

Untuk zaman sekarang pun banyak game jenis ini yang telah di modernisasi. Namun inti permainannya tetap sama. 

Contoh yang modern: fruit machine, fruit ninja, super fighter.


4. Board / Card / Casino


Permainan yang membutuhkan papan / meja sebagai syaratnya dan membutuhkan konsentrasi dan daya analisis tinggi lho. Biasanya yang suka game di kategori ini adalah kaum pria.

Karena peminatnya lumayan banyak, sering ada paket game 3 in 1 untuk tiap kategori menjadi satu. 

Contohnya: Solitaire - Domino - Mahjong yang dapat dimainkan hanya dengan menginstall satu file game. 

Semuanya itu adalah gabungan permainan tradisional dengan permainan glamour yang dikemas apik dengan berbagai dekorasi dan trik modern, agar bisa membuat orang tidak bosan memainkannya.

Jadi, untuk kepentingan hiburan atau untuk mengasah ketajaman pikiran, game ini lumayan bagus. Tapi disaat sedang lelah atau stress lebih baik jangan main game ini dech, nanti pasti tambah puyeng dan kalah terus. 


5. Casual


Yang ini merupakan game ringan yang sangat cocok untuk pemula atau gamer biasa. Permainan yang ada di kategori ini biasanya simple dan tidak terlalu banyak obstacles.

Namun game jenis ini penuh dengan desain yang unik dan menarik, juga terdapat banyak bonus dan gift bila pemain mampu mencapai score expert.

Makanya permainan ini tetap seru dan asyik juga sebagai hiburan. Beberapa contoh game casual yang populer adalah tetris, bejewel, candy crush, bubble shooter, dan banyak lagi.


6. Educational & Family


Yak, jenis game yang tepat untuk anak-anak. Permainan bersifat mendidik yang bisa membuat anak belajar sambil bermain. Pola dan cara kerjanya mirip dengan playgroup gitu dech.

Ada permainan angka, huruf, hewan dan buah-buahan. Malah game keluaran lokal ada yang khusus untuk belajar iqro' atau tebak gambar.

Sementara untuk game family adalah permainan sekitaran rumah. Semacam mengenal dan belajar melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti mencuci dan menyapu.


7. Sport


Minat dengan cabang olah raga tertentu tapi malas berolah raga? Game ini bisa dijadikan alternatif untuk mengekspresikan hobi terpendam itu :D

Kategori ini sudah pasti berisi semua permainan sport. Yang paling populer dan paling banyak dimainkan adalah Soccer / Football, Golf, Basket Ball dan Baseball.

Bila ingin bermain game olah raga yang lebih unik dan beraneka ragam, kita bisa coba install game Olympic atau Sea Games. Mainkan seluruh cabang dan raih medali sebanyak-banyaknya.

Selain itu ada sub-category per musim lho, misalnya holiday, summer atau winter. Lokasinya pun berbagai macam. Tinggal pilih sesuka kita.


~o0O0oo0O0oo0O0o~

Itu adalah kategori utama, masing-masing poin diatas masih punya sub-genre / category lainnya. Yaitu;

  1. 2D / 3D
  2. Animal / Cartoon
  3. Army / Marine / Navy
  4. Beauty / Fashion / Girls
  5. Cooking / Fruit / Food
  6. Music
  7. Puzzle
  8. Racing
  9. Simulation
  10. Trivia
  11. Words
~o0O0oo0O0oo0O0o~

Sedangkan untuk Fungsi games, ada berbagai macam. Tergantung kepentingan dan jenis gamers itu sendiri. Diantaranya;
  • A: Hanya sekedar hiburan, gamers seperti ini biasanya hanya tertarik pada game gratisan. (Bukannya pelit, tetapi karena bepikir bahwa aktifitas ini hanya sampingan semata, tidak perlu sampai berkorban materi, mending beli bakso xixixi :-D). Jadi, tujuannya main game hanya sebagai penghilang stress, bisa juga sebagai teman di saat bosan menunggu atau mengantri.
  • B: Ingin mengasah otak, gamers jenis ini biasanya mengisi setiap waktu luangnya dengan main game, walau hanya untuk beberapa jam saja, agar pikirannya tetap terpakai. Atau bisa juga seseorang ini sudah lama bergelut di "hal-hal" itu melulu di kesehariannya, sehingga ia membutuhkan sesuatu yang lebih bisa mengaktifkan daya fantasinya dan kreatifitas melalui sebuah game. Jenis game yang biasa dimainkan gamer ini ya sudah pasti game yang penuh strategy dan petualangan.
  • C: Sebagai mata pencarian, gamers begini biasanya sudah masuk ke kategori "up" dech, baginya game sudah menjadi hal wajib layaknya sebuah profesi dan penghasil uang utama maupun tambahan. Yang lebih parah malah ada juga yang sampai "addict", merasa gelisah dan sakit kalau belum menyapa para tokoh di game online kegemarannya. >.<
Itu adalah bahasan secara garis besar (#peace kalau ada yang salah dan maaf kalau ada yang merasa gimana ya ^_^).

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Fiuhhhhhh... Yah kebetulan saya juga penikmat game sejati, tetapi hanya game simple dan praktis (kalau gitu mah bukan sejati namanya :D).


Saya suka yang bisa di mainkan kapan saja, terutama di ponsel terutama di saat offline. Maklum, saya termasuk gamer di poin A .. :D

Dan biasanya game fav saya selalu itu-itu saja sejak dulu sampai sekarang, walau berganti ponsel beberapa kalipun tetap saja yang saya cari game itu lagi.

Oke lah, that's it for now. 


Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan