All About Music ~ Jenis-jenis Musik Populer

Kita Cinta Musik - Hi Hello Dears, akhir-akhir ini saya lagi fokus sama kegiatan offline, makanya kali ini saya jadi agak blank, bingung mau posting tentang apa yang bagus ya? ..

hmmm berhubung saya sedang punya time ketak ketik sambil dengarkan lagu-lagu favorit saya, kita bahas musik saja yuuuk.

All About Music. jenis musik modern, popular music.

Alright, straight to the point, Musik merupakan bagian dari seni. Di mana secara garis besar, seni dapat dibagi menjadi beberapa, ada seni visual, seni audio, seni tulisan, dst.

Naahhh, musik termasuk ke bagian seni suara / bunyi, dengan menggabungkan berbagai bunyi yang di senadakan menjadi suara berirama, maka, itulah yang kita kenal sebagai musik.

Lalu "sesuatu" yang dapat menghasilkan suara khas dan membentuk sebuah jalinan nada yang beraturan itu disebut "alat musik". Yea, just that simple eh? (Awam banget definisi yang aye jabarin ye, chk, maklum :-D)

Alat musik tertua dan dipercaya sebagai alat musik pertama di dunia adalah sebuah seruling yang terbuat dari tulang (kalau tidak salah :D). Seruling ini di buat pada 40 - 43 ribu tahun yang lalu.

Updated: Akhirnya dapat lagi beritanya, ini dia;
  • http://news.nationalgeographic.com/news/2009/06/090624-bone-flute-oldest-instrument.html
  • http://livescience.com/20563-ancient-bone-flute.html
  • https://youtu.be/InV2vogeiec
Bila ingin menyingkap asal usul, sejarah, pengertian, dan jenis musik, sepertinya agak sulit untuk mendapatkan yang satu ide. Ada banyak sekali versinya.

Setiap tempat (daerah/ negara) dan juga masing-masing etnis / agama punya cerita dan sumber tersendiri. Begitu juga dengan para penggelut musik. Sepertinya masing-masing musisi punya pandangannya tersendiri tentang definisi musik yang dijalaninya.
Dan yang paling penting, di tiap tempat di internet, pasti selalu ada saja satu atau dua komentar protes dan kritik dari para pembaca tentang suatu bahasan, walaupun sang penulis sudah memberi bukti atau link sumber yang sahih, tetap saja ada sisi kontroversinya, internet oh internet .. asyik nggak asyik ya .. >_< .. 
Ok dech, sekarang kita bahas dari sisi penggemar musik biasa yuk.

Kita tahu bahwa kebanyakan hal / benda didunia ini punya nama dan jenis tersendiri. Biasanya di sebut GENRE. Sebuah genre dapat diartikan sebagai gaya atau aliran. Baik dari sisi teknik, isi maupun penempatannya.

Begitu juga dengan musik, genre ini bisa di samakan juga dengan istilah 'musical style'.

Di zaman dahulu kita mengetahui karya musik klasik yang katanya merupakan cikal bakal perkembangan dan kemajuan musik di dunia. Saat itu, jenis musik sebegini lah yang top markotop.


Sebut saja nama-nama besar seperti Mozart, Beethoven, Bach, Chopan, dan banyak lagi. Penggemar musik sejati pasti sudah lumayan tahu kan?. (Kalau Saya sendiri sih masih belum sanggup bila harus mendalami karya mereka lebih lanjut, Berat euy :-D) ..


Pada awal era modern, musik mulai di klasifikasi berdasarkan aliran (genre) dengan lebih detail. Tepatnya akhir abad 19 atau pada permulaan abad 20 hingga ke hari ini. Hmmmmm..

Sejak saat itu terciptalah sebuah genre utama yang di sebut "POPULAR MUSIC" yang bermakna sebuah aliran atau gaya dalam bermusik yang ditujukan untuk masyarakat umum secara luas.


Dan pastinya musik seperti ini lebih mudah diakses orang banyak dibandingkan dengan sebelumnya.


Setelah saya tilik dari berbagai sudut, (ceile, sok pro :D), pembagian genre musik populer di era modern secara garis besar tuh begini;
  • Pop, Dance, R n B, Soul, Hip-hop, Rap, House, Techno, Trance, dst..
  • Rock 》Alternative Rock, Classic rock, Hard Rock, Punk, Progressive Rock, Grunge, Garage Rock, dst..
  • Metal 》Black Metal, Death Metal, Doom Metal, Heavy Metal, Metalcore, Power Metal, Progressive Metal, Symphonic Metal, dst..
  • Lainnya 》Country, Jazz, Folk, Reggae, Ska, Latin, Dangdut, dst..
Lumayan beragam kan? .. itulah genre "populer"

Semua jenis musik dapat di nikmati dan bahkan dikembangkan oleh siapapun. Penggabungan berbagai unsur musik telah menciptakan aliran baru. Contohnya musik tradisional yang di gabungkan dengan musik global.

(Tidak seperti zaman dahulu kala (sebelum era modern), hanya kaum atas alias bangsawan lah yang identik  dan punya peluang menikmati hiburan musik yang berkualitas, sementara yang jelata hanya mampu menikmati hiburan biasa. Sedangkan untuk musik tradisional, juga sangat tertutup dan hanya bisa dinikmati oleh suku atau kaum tertentu yang menciptakan aliran itu saja.)
Kini, setiap karya musik tersebut dapat di sebarluaskan dengan mudahnya. Media yang paling umum dan mudah untuk menyalurkan karya musik adalah radio, sampai hari ini masih menjadi alternatif utama untuk berhibur lho.

Dengarkan lagu sambil mantengin cuapan dan interaksi penyiar dengan pendengar, unik juga kan.

(Lucky, saya punya banyak teman yang masih betah membelah udara dengan ocehan asyik n informatif, salut guys, xoxoxo ^_^ ).

Dari radio, penyampaian musik berlanjut ke televisi. Dan sekarang lebih canggih lagi dimana para pekerja seni musik dapat secara langsung mempromosikan hasil karya ke seluruh dunia melalui internet (dengan media sosial atau live streaming). 

Penggemar musik yang awam seperti saya jadi merasa wow kalau dunia musik semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Bukan sekedar ngetop tanpa bisa bertahan alias musiman lho ya.. ^_^

Mungkin itu juga yang bisa menjelaskan kenapa lagu klasik dan juga musik Rock NEVER DIE

Ya sudah pasti karena musisi zaman dulu menggunakan 'hati+passion' dalam berkarya. Mereka mengutamakan kualitas daripada reward (komisi) atau kepopuleran gitu. (Sampai hari ini masih banyak pengikut). 

Ini salah satu buktinya: Karya Spesial Untuk Sang Legendaris. ^.^


Money atau Hal berbau komersil kan penting juga? .. Iya donk, tapi karya yang berkualitas pasti akan menghasilkan "pendapatan" yang berkualitas juga kan?.. 
Ada juga beberapa orang yang agak mentertawakan selera saya yang menyukai musik jadul (Oldie Rock Metal Bands), dan juga musik / lagu yang populer sebelum saya lahir. So what dears? .. Bagi saya mereka the real legends dan tidak tergusur tuh. FACT!
Band / Musisi tahun 60 - 80 an masih bisa mencetak rekor best selling di era millenium? #ThatsAmazing kan? ..

The Beatles, Queen, Metallica, Michael Jackson, Led Zeppelin, Nirvana, dll, bahkan Marilyn Monroe pun masih betah nangkring ditangga teratas sebagai world's best musicians & personalities sepanjang masa. Right?


--updated lagi--


Tanya:

Apakah harus jadi artist (seniman) lama agar di hargai? Apakah artist baru tidak ada yang wow? .. [to someone: terima kasih pm-nya ^.^] ..

Jawab:

Nooo, bukan begitu.... Baik lama maupun baru pasti akan di akui dan selalu di ingat kalau memang "karyanya" benar-benar bagus, yeah they know how to.. 

Tetapi yah memang agak susah menggusur pesona para legends yang berkarya tanpa "terlalu" memikirkan jumlah 'views' di youtube atau 'like' di facebook.. :D

Tapi secara keseluruhan <> Music is GREAT <> Apapun genre-nya, Kapanpun zaman-nya, Dari manapun asal-nya ~ Just Do Your Best..
Kesimpulan:
Memanfaatkan teknologi dan internet untuk berkembang bukan berarti harus melupakan "kepuasan" dalam berkarya.. (ini pendapat cewek pecinta teknologi yang pikiran dan selera-nya masih kuno .. #gubrak :D .. contohnya di artikel perbedaan menggambar dan melukis).

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Ehem, apa lagi ya? .. Sepertinya itu dulu dech celotehan tidak jelas untuk kali ini.


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori:
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan