Alat Ajaib Doraemon Yang Jadi Nyata? - Real Gadgets & Tools

Doraemon's Best Tools - Dears, Siapa bilang membaca komik itu kekanakan (childish) dan tidak bermanfaat?

Para komikus dan tim-nya juga membutuhkan banyak riset dan referensi untuk bisa menghasilkan cerita yang unik dan ikonis lho.

Seperti halnya Novel, komik juga bisa di katakan sebagai karya gabungan fiktif dan non-fiktif yang patut di nikmati. Namun komik lebih unggul dari sisi hiburan. 

Karena itulah, cakupan pembaca komik biasanya lebih luas dan tidak terbatas usia bila dibandingkan dengan pembaca dari jenis buku bacaan yang lain.

Ada banyak sekali komik yang bisa menghibur sekaligus memberi pengetahuan. Salah satunya ya komik legendaris ini.

Alat Ajaib Doraemon Yang Jadi Nyata? - Real Gadgets & Tools

Doraemon pertama kali muncul di majalah mingguan pada sekitar 1969 - 1970 an, lalu berlanjut ke seri Manga (komik Jepang). Sudah ada 45 volume dengan 1,345 cerita yang telah di hasilkan tim Fujiko Fujio (sampai 1996).

Untuk Doraemon Anime (cerita komik versi kartun/movie), sudah tercatat ada lebih dari 1,787 episode. Sampai hari ini masih terus muncul episode baru dan masih tayang di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pada ceritanya, Nobita sering merasa iri pada Suneo yang punya mainan bagus tetapi tidak mau meminjamkannya pada Nobita. Atau Giant yang sering mengganggunya. (Kenali keluarga utamanya di Mengupas tokoh di komik Doraemon).

Nah seperti biasanya, saat sedang kesulitan, Nobita akan meminta bantuan dan merayu Doraemon agar mengeluarkan alat-alat masa depan yang super canggih.

Ternyata eh ternyata .. 

Ada juga beberapa teknologi nyata yang sama atau hampir mirip dengan alat ajaib Doraemon lho. Penyebab kesamaan ini mungkin hanya kebetulan, tetapi bisa saja karena pihak pencipta alat ini memang terinspirasi oleh cerita doraemon?. Hehe .. (mungkin lho ^ ^)..

Langsung saja ya, Ini dia alat-alatnya yang paling utama;

1. Baling-baling Bambu


bamboo-copter doraemon

Ini adalah salah satu alat doraemon yang paling populer, Take-Copter atau Bamboo-Copter merupakan alat yang bisa membuat kita terbang bagaikan burung, caranya hanya dengan meletakkan alat ini di atas kepala.

Jadi, fungsi utama alat ini adalah untuk memudahkan kita berpindah menuju tempat yang di inginkan secara cepat dan praktis (melalui udara).

Namun alat ini sangat bergantung pada baterai, kalau di saat sedang terbang ternyata tiba-tiba low-batt, sudah pasti kita akan jatuh meluncur ke bawah. Hiih ngeri juga ya :D

*Real life:

Alat yang "sama" fungsi dan bentuk seperti itu memang belum ada, tetapi yang "serupa" nama dan cara kerjanya sepertinya memang ada lho.

Takecopter - wifi transfer

Sebuah aplikasi yang disediakan di itunes apple store bernama "Takecopter - wifi transfer videos, music, photos, and other files" ini berfungsi untuk mentransfer file antara iPad / iPhone / iPod touch dan Windows / Mac melalui jaringan WiFi tanpa menggunakan iTunes atau kabel USB.

Nah, seperti alat doraemon yang bisa membuat kita terbang tanpa menaiki perantara, aplikasi ini juga begitu, hanya dengan menggunakan wifi kita sudah bisa mentransfer file. (Hampir mirip dengan fungsi bluetooth ya? ^_^

Hmmm, apakah diantara anda ada yang sudah mencoba app ini? Apa sama dengan fungsi di ponsel jenis lain? Bisa dong bagi-bagi info-nya ^.^


2. 3D Printer


3d printer - mecha maker - doraemon

Jika Printer biasa akan mencetak data / gambar di atas kertas, printer 3D akan mencetak sesuatu dalam bentuk aslinya. Nama lain dari alat ini adalah Mecha Maker.

Contohnya: Bila tiba-tiba terpikir ingin punya mobil / kapal laut, kita tinggal menggambarnya atau mengambil gambar di majalah, lalu masukkan ke mesin maka hasil yang keluar akan serupa dengan mobil / kapal yang ada pada gambar.

Mesin printer ini akan bekerja dengan menggabungkan berbagai partikel gambar dan bahan untuk menghasilkan barang 3 dimensi dengan ukuran yang bisa di tentukan sendiri.

*Real Life:

Nah, pada kenyataannya sudah ada printer yang (mirip) dengan alat itu lho. Bukan menggunakan tinta, tetapi dengan bahan lainnya untuk mendukung hasil yang sesuai dengan keinginan.

contoh salah satu 3d printer bbc.co.uk

Ada printer logam, lilin, plastik, dst. Hasilnya pun tergantung keahlian dan jenis (level) printer-nya. Kita bisa mencetak boneka, gelas, perhiasan, dst. Malahan katanya makanan pun bisa langsung dicetak. Wuihhhh..

Tetapi, memang tidak semudah printer tinta biasa atau 3d printer di komik doraemon. Kita masih harus mengerti segala teknik, program maupun detail software ini untuk bisa menggunakannya dengan baik.

Bila nanti printer ini sudah benar-benar mudah dipahami dan diperoleh, pasti banyak yang berminat ya .. ^.^


3. Jelly Penerjemah


konyaku translator doraemon

Mungkin Jelly / Konyaku Translator ini merupakan alat yang paling ingin di miliki oleh para traveler ya..

Bagaimana tidak, hanya dengan memakannya kita akan bisa berbicara (dan mengerti) bahasa apapun dan dari negara manapun di dunia, termasuk bicara pada hewan lho.

Mengingat dulu kita harus membawa buku kamus / kamus elektronik kemana-mana atau kursus bahasa asing, dengan adanya alat ini pasti lebih praktis dan mudah. Sayangnya itu hanya ada dicerita komik.. Yahhh.

*Real Life:

Eits tunggu dulu, sekarang ini perbedaan bahasa sudah bukan hal yang menyulitkan lagi, di zaman serba online ini banyak sekali layanan yang menyediakan kemudahan terjemahan bahasa.

Layanan semacam ini bisa kita akses melalui ponsel imut serba guna. Program layanannya biasa dikenal sebagai "Translator Sites" atau "Translation Apps".

Memang sih, program ini tidak se-sempurna yang digambarkan di cerita doraemon, tetapi yang mendekati itu dan semakin bagus ada juga lho, salah satunya adalah Google Translator.

translation tools

Bahkan sekarang pengguna bisa ambil bagian untuk membantu Google memperbaiki hasil terjemahan bahasa negara masing-masing, agar hasil terjemahan di layanan ini mendekati kalimat sempurna dan lebih mudah di mengerti.

Nah, bila sudah begitu, ketika kita bertemu orang asing atau berkunjung ke luar negeri, kita bisa langsung online untuk buka situs/ aplikasi nya.

Ketik kalimat (atau kata - Bukan paragraf lho ya) yang ingin kita terjemahkan, klik translate, lalu tinggal dibaca deh untuk berkomunikasi. Atau klik speaker untuk bisa mendengarkan cara membaca kalimat itu dengan benar. Asyik kan ;)

Simak juga: Cara Dasar Menerjemahkan Bahasa ^_^


4. Set Kamera / Satelit Spesial


spy satellite doraemon

Versi-versi alat semacam ini di komik doraemon ada banyak. Diantaranya: Satelit mata-mata, Satelit Cuaca, Kamera Pengintai, dan banyak lagi.

Bentuknya pun berbagai, ada yang berbentuk helikopter dengan kamera, ada yang berbentuk mulut dan mata sebagai kamera dan mikropon, ada juga yang berbentuk satelit luar angkasa.

Alat ini berfungsi untuk memantau keadaan sekitar yang dapat di lihat di monitor tampilan. Biasanya digunakan oleh Nobita untuk menghindari kejaran Giant, Ibu atau musuh lainnya.

Fungsi lain, dapat digunakan untuk mencari lokasi sesuatu atau seseorang berada, bisa juga untuk memantau keadaan cuaca dan bahkan merubah cuaca sesuai keinginan.

*Real Life:

Di Era ini, kita semua pasti sudah sangat familiar dengan hal-hal yang mirip dengan alat doraemon yang satu ini kan.

Ada Google Map yang berfungsi untuk mengetahui lokasi seluruh dunia melalui peta yang tertampil via satelit. Gps juga. Atau bisa juga menggunakan situs populer forsquare untuk mencari letak suatu alamat.

Di sisi lain ada kamera cctv yang dapat diletakkan dimanapun untuk merekam setiap kejadian/ keadaan di suatu lokasi. Selain itu ada camera-copter atau drone. Yup, sebuah alat yang bisa dikontrol dengan remote ini semakin diminati dan semakin berkembang.

nice camera copter

Gambar yang terlihat dari kamera bisa di capture maupun di rekam dan di simpan di memory card di dalamnya. Malah bisa juga langsung di tampilkan melalui layar monitor untuk di pantau secara langsung.

Keren kan, kita bisa ambil gambar atau video dari tempat tinggi tanpa harus memanjat gedung kan, hehe ^.^


5. Robots


roboko doraemon

Yak, tokoh utama komik ini saja sudah robot, pastinya hampir keseluruhan cerita akan di penuhi dengan alat yang berbau robot ^_^

Ada banyak sekali robot yang dikeluarkan doraemon untuk membantu nobita cs. Yaitu: Copy Robot, Robot instant, Robot koki, Robot pemain baseball, sampai robot yang menyerupai artis.

Ada sebuah robot cantik yang datang untuk menghibur Nobita yang sedih. Namanya Roboko (di gambar), ia kuat dan pintar lho. Tetapi karena Roboko diprogram agar hanya menyukai Nobita, akhir dari kisah roboko ini menjadi kacau balau ketika ia cemburu melihat Nobita memuji Shizuka.

Roboko juga akan ngamuk saat Ibu memarahi Nobita, alhasil roboko terpaksa di kembalikan ke masa depan. Aduuuh ^_^

*Real Life:

Akhir-akhir ini dunia robotic sedang hangat membicarakan Robot Atlas yang sudah bisa bergerak dan berjalan tanpa wire (kabel) dan sudah upgrade. 

Di tempat lain banyak juga robot keren; ada Robot Asimo, Robot Nao, Robot Saffir, dan banyak lagi. Kesemua Robot seperti itu biasa disebut sebagai "Humanoid Robot".

Yaitu sebuah Robot yang bentuk dan cara kerjanya menyerupai manusia, bisa berjalan, bergerak, bicara, sampai menari atau berolahraga pun bisa.

Robot-robot tersebut tidak hanya untuk dipertontonkan saja, tapi sudah banyak juga lho yang seperti doraemon. Membantu dan bekerja untuk manusia, ada yang jadi koki, pelayan restoran, ada juga yang jadi pelayan hotel.

humanoid robot

Kalau yang ini robot yang sangat mirip dengan wanita asli (seperti Roboko yang ada di cerita Doraemon), anggun banget ya, manusia sungguhan bisa kalah nih :D

Jangan-jangan sebentar lagi dunia kita akan berubah menjadi seperti dunia di cerita the doraemons ya? .. 

Bahkan Bill Gates pun mengatakan bahwa robot bisa lebih pintar dari manusia, ahli lain juga meramalkan kedepannya dunia ini akan di penuhi robot seperti dunia Doraemon.. wuahh.. (Cari berita-nya di search engine ya ^.^).

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Itulah beberapa alat yang sudah jadi nyata.. Adakah alat ajaib lainnya yang paling kita harapkan menjadi nyata tetapi sepertinya agak sulit di wujudkan?

Yup, ada, berikut alat ajaib doraemon terfavorit (paling diharapkan menjadi nyata);
  • Mesin Waktu - Agar Bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan dan kekhilafan lampau. Selain itu kita bisa melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa juga digunakan untuk mengambil lagi barang yang telah hilang dimasa lalu. (Mengembalikan mantan pacar yang hilang entah kemana bisa tidak ya? .. 'oops' .. :D)
  • Pintu Kemana Saja - Agar bisa pergi kemana saja tanpa pusing memikirkan ongkos perjalanan. (biaya bahan bakar minyak, paspor, visa dan tiket kan mahal, pengen yang gratis) >_< ..
  • Kamera Berpakaian - Agar bisa menghemat waktu dengan berganti pakaian dalam hitungan detik. Lalu kita bisa memilih pakaian apa saja sesuai keinginan, hanya dengan memasukkan gambar desain ke kamera, klik tombolnya, that's it. (tidak perlu repot ke butik atau toko online, jadi hemat dana juga kan) Asek ^_^
  • Kain Waktu - Agar bisa memperbarui barang usang. Contoh: kendaraan yang sudah lama dan agak dekil, bungkus saja dengan kain waktu, maka kendaraan kita akan kembali jadi baru. Cling cling cling ;)
  • Senter Evolusi - Agar bisa merubah level barang menjadi mundur (classic) atau maju (modern) - (*sekalian maju mundur cantik juga nih, ihihi). Caranya dengan menyetel alat ini ke level up, lalu sorot iPhone 5 dengan sinar dari senter, maka dalam hitungan menit akan berubah menjadi iPhone 6. Wuaaaaaawww seedaappp O_O
Bagaimana Dears, yang mana favorit anda? .. 

Kalau saya sih ingin "kantung ajaib" nya saja ah, semua alat sudah ada disitu, komplit (maruk mode on ;D).

Ok dech, simak berbagai bahasan lain di folder khusus KOMIK ya.

Image sources:
http://doraemon.wikia.com/wiki/Category:Gadgets?sort=alphabetical&amp;display=exhibition
http://doraemon.mangawiki.org/tools_type/all-tools-and-gadget/
http://www.spiritscienceandmetaphysics.com/first-ever-human-robots-invented-by-japanese-scientists/
http://www.bbc.com/news/technology-19665625


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan