Mulai Dari Emoticon, Smiley, Emoji, Sampailah Ke Sticker

Interaksi (sosial) melalui icons, minim teks, is it cool or not really (Or really not)? - Hello Dears, yang aktif mengikuti perkembangan media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan ikon-ikon ekspresif nan kreatif yang populer disebut Emoticon kan?

Yup, sebuah lambang / karakter teks yang di buat sedemikian rupa untuk menggambarkan perasaan seseorang pada pesan elektronik. Sekarang lebih sering dikaitkan dengan percakapan dunia (digital) online.

Paling umum; Emoticon = Emotion Icon / Simbol Emosi atau mood. Simbol emoticon yang paling ngetop adalah :) atau :-) atau ^_^

Online Friendship. Bonus Percakapan text. Mulai Dari Emoticon, Smiley, Emoji, Sampailah Ke Stiker.
Bestfriend Forever

Berbicara mengenai emoticon, selalunya kita akan teringat pada sebuah lambang datar berwarna kuning dengan ekspresi wajah tersenyum, kan? Itu lho, yang biasa kita sebut Smiley atau Smilie. Tampilannya begini:
Lambang serupa itu ada banyak dan telah mengalami kemajuan, bentuknya semakin bagus dan tidak terbatas pada "senyum" saja, tetapi juga sedih, marah, rindu, nyengir, sampai ke ekspresi ngarep juga ada. 😅😄😠đŸ˜ŦđŸ˜ĸ >> 😆 Uhuy.
Pada awal ikon begini mulai meluas, orang-orang sering menggunakannya pada saat bertukar pesan/kabar melalui SMS, selanjutnya mulai digunakan pada web chat (dunia online).

Seiring dengan perkembangan Teknologi & Internet (plus Media Sosial), berbagai jenis dan bentuk emoticon terus di ciptakan agar bisa semakin menarik minat pengguna.

Hal tersebut juga memunculkan berbagai istilah di lingkup ini. Kadang kita jadi confuse juga ya. Dulu Saya juga sempat salah kaprah dengan mengira "Emoji" itu seperti "ikon teks dan emoticon". Tapi ternyata emoji punya karakteristik yang lebih luas.


Yup, Emoji tidak sekedar text, emoji merupakan gabungan ideogram dan smiley. Semacam simbol grafis gitu deh. Genre emoji pun lebih banyak. Mulai dari ekspresi wajah, tempat, hewan, cuaca, dan banyak lagi.

Sekarang ini bagaimana?

Sudah pastilah, yang terkini adalah era-nya Sticker yang bisa kita lihat, download, install, untuk melengkapi percakapan dengan teman. Terutama di Aplikasi Chat populer.
Stiker Internet adalah ilustrasi (karakter-karakter) tertentu lengkap dengan ekspresi wajah, bahasa tubuh, maupun dialog tambahan. Jadi, stiker dapat mewakili emosi atau reaksi user ketika menggunakannya.
Banyak sekali ragam stiker yang tersedia untuk melengkapi percakapan pribadi kita dengan teman-teman atau grup, tinggal pilih saja, mana yang menurut kita pas dan aman untuk mengungkapkan mood saat ngobrol.

Benar, kita bisa semakin semangat nge-chat teman dengan itu, tidak hanya karena kreatif dan varatif, tetapi juga karena kebanyakannya stiker-stiker tersebut GRATIS. (Asyiknyaaa). Hihihi.

Emoji, Sticker Emoticon. Original.
Standar emoticon

Emoji, Sticker Emoticon. Line Chat.

Emoji, Sticker Emoticon. Line Chat.
Paling variatif

Emoji, Sticker Emoticon. Fb.
Trending

Emoji, Sticker Emoticon. Cute.
Imut

Emoji, Sticker Emoticon. Nice.
Hanya perlu "gambar" kata
~▪~▪~

Itu dia, beberapa contohnya. Memang keren dan bikin dunia online kita lebih berwarna. Sampai-sampai percakapan text sudah mulai jarang ada yang panjang.

Tanggapan/komentar atas status yang kita bagikan di jejaring sosial lebih banyak hanya berupa emoticon atau stiker doang. Atau cuma memberi jempol.

Eh tapi itu masih lebih baik daripada ngasal nge-bully atau nge-troll. Damai saja deh, pasti lebih nikmat.

Mengenai pertanyaan "Apakah percakapan banyak stiker dan minim teks termasuk asyik atau kurang asyik?" Jawabannya ya tergantung kita masing-masing saja, suka yang bagaimana. Atau anda bisa bertanya pada pakarnya, pasti punya jawaban mantap.

Oke Dears, Selamat menikmati sisi positif dan sisi kreatif dunia online.
Smiling, Laughing, Playing, We are Bestfriend forever.

A Friend is someone who's always stay "beside" you in good or bad time.

I (know) what (you are thinking) about (Me). 


Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan