Peribahasa Kita - Referensi Daring - Online References

Alah bisa kerana biasa vs Alah bisa karena biasa. ©evadollzz.com

Sama arti dan maknanya.

Hello Dears, kali ini kita bicarakan peribahasa menurut sumber Internet yuk. Membanding-bandingkan sources untuk mendapatkan jawaban sahih gitu deh ceritanya. Kepo secara positif. Heheh.

Sekarang langsung saja, saya pilih satu peribahasa sebagai contoh dalam memanfaatkan sumber online ya;

Menurut Wikipedia Malaysia: Peribahasa Melayu yang bermula dengan huruf "A"

Alah bisa kerana biasa:
  • Apabila telah biasa melakukannya, maka tiada terasa lagi kesukarannya;
  • Pengalaman praktis lebih baik daripada teori. (*Praktis = Praktik)

Menurut Wikiquote Indonesia: Peribahasa Indonesia yang berawal dengan huruf "A"

Alah bisa karena biasa:
  • Perbuatan buruk menjadi tidak terasa lagi keburukannya bila telah biasa dilakukan. (Jangan biasakan berbuat buruk, nanti makin tak takut pada hukum -Agama/Negara/Sosial)
  • Segala kesukaran tidak akan terasa lagi apabila sudah biasa.
  • Sesuatu yang pada awalnya dirasakan sulit bila sudah biasa dikerjakan akan menjadi mudah.

"Ah sumber online kok dipercaya, ngawur tuh.. BlaBlaBla......."

Maaf ye, wikipedia dkk ialah media publik yang sudah sangat besar, ketika ada yang iseng mengawurkan info, pasti akan cepat disadari oleh pihak yang lebih kompeten nan tulus, mereka yang akan meluruskan.

Lagipula, sekarang mengedit wiki tak bisa sesukanya seperti dulu, jangan berani macam-macam deh kalau tak ingin di"proses" sama tim. IP Address langsung terekam. hehe.

Meski begitu, jangan menelan mentah-mentah jika masih ada hal-hal yang terkesan "aneh". Coba cari referensi terpercaya lainnya juga.

Bila anda (dan saya juga sih) dengan entengnya mengatakan: "Yang penting ada si Mbah dan Wiki, beres deh"... Beres apaan? Copas-nya? Ngerti isinya nggak? Tak sesimpel itu lho. Iya kan? ^^

Di Era ini, sikap skeptis itu wajib, asal kita tetap tahu penempatan dan menjaga takarannya ya. Jangan overdose :D

Ini: http://kbbi.web.id/alah, makna yang ada di wiki sama dengan yang ada di kamus. Begitu juga dengan yang ada di Buku-buku peribahasa saya, atau di blog-blog para Blogger sejati, saya sudah membandingkannya, semua pas.

Tambahan:

Peribahasa memang berbeda di tiap daerah, selalunya tergantung adat istiadat masing-masing dan juga mengikut pada perkembangan budaya di tiap negeri itu sendiri.

Jangankan tentang maknanya, kalimat/frasa yang digunakan pun sering terkesan berlainan. Namun inti, sudut pandang dan tujuannya tidak terlalu jauh berbeda.

Itu perbedaan yang saling mengisi satu sama lainnya, indah, kan?

Salute, Salut, Salam Hormat selaluuuuu. ^.^

Light not Fight. ©evadollzz.com

Kembali ke peribahasa di atas. -Ada Teori Ada Praktek- Alah bisa karena biasa, termasuk 'kebiasaan' berbuat "kejahatan". Tak bisa dinilai dengan sepintas lalu. Termasuk penilaian fisik, malah bikin jatuh mental tuuuuuuuhhhhh kalau asal-asalan. >_<

*Karya adalah hasil kerja yang dapat dimanfaatkan secara baik bagi diri sendiri maupun orang lain. (Bukan cuma menggosok tak jelas juntrungan, kan?)
Juntrungan: pendirian; aturan; asal-usul; ujung pangkal.
Kejelian dan daya pikir tetap dibutuhkan dimanapun. Terutama di dunia maya. Mari sama-sama kita Waspadalah Waspadalah Waspadalah.

~ ^^ ~

Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori:
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan