ABCD Forum Internet (Online) - Kelebihan Dan Kekurangannya

Internet Forum - Online Forum

Forum - Hiya Dears, pasti pernah dengar tentang Forum Internet kan. Baik pengguna internet biasa maupun blogger/pemilik web pastilah sudah tau. Dan saya yakin sebagian besar dari anda adalah pengguna aktif-nya.

Bagi yang belum terlalu tau, kita bahas sedikit mengenai "Forum Internet" secara umum dan positif negatif nya yuk. Ini:

A. Pengertian

Forum identik dengan diskusi, arti kata forum: "Wadah / Lembaga / Badan / Sidang", ini sering di jadikan cara untuk bertukar pikiran dan membicarakan suatu permasalahan/ topik secara bersama-sama lalu mencari solusi untuk kepentingan bersama pula.

Sedangkan pengertian Forum Internet adalah sebuah papan pesan online (online bulletin board), tepatnya sebuah situs diskusi online di mana orang dapat memasukkan suatu topik dan memulai percakapan dalam bentuk pesan yang diposting. Ada juga yang menyebut sebagai "Komunitas Forum".

Untuk bisa bergabung dalam pembahasan dan percakapan pada suatu forum, pengguna internet harus mendaftar (registrasi) terlebih dahulu. 

Biasanya, di situs forum akan ada sub-forum dengan beberapa topik berbeda. Dan postingan yang ada di forum di sebut "Thread (Rangkaian Topic/Diskusi)".


B. Peraturan di Forum Internet

Dalam menggunakan forum, pasti ada peraturan yang harus di patuhi. Hampir semua forum diskusi internet mempunyai inti aturan yang sama, dalam hal ini "Etika" dalam berdiskusi. Bila ada pengguna terdaftar yang menyalahi aturan, Admin berhak melakukan tindakan tertentu.

Saya ambil contoh sebuah peraturan yang tertera di website Computerhope - di forumnya, dan untuk pengguna yang ingin bergabung, beberapa point yang bagus adalah:
  1. Berperilaku dengan cara yang sama ketika anda berbicara di kehidupan nyata. (dalam arti natural dan jadilah diri sendiri, juga harus tetap sopan).
  2. Hindari "Chat Slang"/Bahasa gaul yang tidak baku. (Ini sudah pasti, karena bersifat umum dan berfungsi sebagai pemberi informasi tambahan, pastikan semua pengguna internet mengerti dengan bahasan dan solusi di thread anda).
  3. Preview/Pratinjau postingan sebelum di submit. Betulkan ejaan atau tanda baca yang salah atau kurang jelas.
  4. Jangan MENULIS DENGAN HURUF BESAR SEMUA. Ini seolah menunjukkan anda sedang berteriak atau menantang. (Pilih yang mana yang patut di tekankan dengan huruf besar dan mana yang tidak perlu).
  5. Menghormati dan menghargai anggota forum lainnya, baik yang memposting maupun yang mengomentari. (Ini yang paling penting, akan saya bahas di bawah).


C. Kelebihan Forum Internet

Secara Umum:
1. Sumber Informasi dan referensi untuk berbagai topik.
2. Dapat menambah relasi dan pertemanan.
3. Tempat promosi (Bisnis, Blog, Website, Karya, dll).

Kelebihan secara khusus bisa kita ambil contoh dari salah satu post edublogs.com, yakni:
  1. Kemampuan untuk mengekspresikan dan melihat perbedaan pandangan serta opini yang objektif tentang beragam topik.
  2. Ada kebebasan berbicara, dan orang-orang dapat menulis dalam bentuk apapun yang mereka inginkan (sesuai dengan peraturan).
  3. Memungkinkan peningkatan traffic pengunjung berulang. Jika banyak orang yang tertarik dalam posting dan komentar, maka pengunjung akan terus datang kembali, sehingga membuat thread atau situs anggota forum lebih populer.
  4. Menjalin pertemanan dengan mudah melalui komentar aktif dan posting.
  5. Pengguna (anggota) forum biasanya datang dari berbagai kalangan, usia, sudut pandang, latar belakang dan pengalaman. Sehingga dapat memberikan informasi yang beragam tentang topik tertentu.


D. Kekurangan Forum Internet

"Cyber Bullying"

Merujuk pada poin ke-5 di "Etika Forum Internet" di atas, tentang saling menghargai.
  • Pernah dengar berita mengenai banyaknya pengguna internet dan remaja-remaja yang mengakhiri hidup karena di bully di forum online kan?
  • Atau tentang trend tuntut-menuntut yang terjadi akibat kebebasan bicara yang tidak terbendung dan melibihi batas?
  • Juga tentang kasus pencemaran nama baik? (Ini juga berlaku untuk jejaring sosial).
Yang namanya Bully, secara online/offline ya sama saja, tidak ada bagus-bagusnya. Memang mungkin saja yang di bully telah melakukan sesuatu yang kurang baik atau komentar kurang baik, tapi bukan berarti harus terus-terusan di tanggapi dengan terlalu kasar dan melebih-lebihkan sesuatunya kan.

Bukankah itu akan membuang waktu dan tenaga kita sendiri? Ughuh >_<

Ke-sinis-an kata dan kalimat dalam bentuk ketikan sama menyakitkannya dengan ucapan langsung lho, bisa di kategorikan sebagai Bullying juga tuh (Verbal).

Yang pasti, di setiap negara punya pihak-pihak yang berwajib dan berhak menghukum dengan prosedur yang benar. Daripada nanti malah merugikan diri sendiri dan orang-orang tercinta, lebih baik tetap di jalur -> #PEACE saja kan. ^_^

Alasan seseorang menjadi pembully/pengganggu (baik di internet maupun di dunia nyata), menurut salah satu artikel di situs youthoria.com secara garis besar adalah:
Belum tentu orang yang di bully itu yang benar-benar bermasalah, tetapi bisa saja justru para pembully itu yang:
  • Hanya ikut-ikutan gang/grup.
  • Dirinya juga sebenarnya di Bully. 
  • Egois atau manja.
  • Tidak memiliki teman dan merasa kesepian , sehingga membenci orang yang banyak teman.
  • Melampiaskan rasa frustasinya sendiri dan tidak percaya dirinya kepada orang lain. 
  • Tidak punya empathy, tidak memahami betapa sakitnya di kucilkan dan di rendahkan. 
Sedangkan kekurangan Forum Internet yang ada di Wikipedia - Internet_Forum, di antaranya:
  1. Troll: Perilaku provokatif yang berpotensi menimbulkan hal panas di thread dengan membuat pengguna (anggota) lainnya berkecil hati, sedih dan merasa terganggu. 
  2. Sock puppet:  Beberapa nama samaran yang digunakan oleh orang yang sama di thread tertentu atau forum yang bertujuan untuk memperkuat argumennya sendiri terhadap orang lain seolah menjadi perdebatan grup. 
  3. Spamming: Mengulangi kata atau frase yang sama berulang-ulang, ini dapat di sebut sebagai teknik trolling umum, dan bisa juga dengan menyertakan link-link tertentu secara besar-besaran (banyak).
  4. Dan banyak lagi di Wiki.

Nah itulah sekilas mengenai Forum Internet, bila anda memang sangat suka dan sudah lama berkecimpung di dunia Online Forum, semoga tetap berada di hal positif (di kelebihan dan kegunaannya).

Bagi yang belum bergabung atau mungkin tidak terlalu berminat untuk bergabung di forum, berarti kita sama nih, hehe.

Hanya satu forum yang saya ikuti baru-baru ini dan saya senangi, yaitu forum sederhana di Flag Counters, hihi, hanya untuk memberi +1 bendera negara masing-masing kepada pengguna lain, dan meminta bendera mereka juga.

Di Forum ini para pengguna (anggota)-nya keren, di mana mereka juga benar-benar melakukan kunjungan balik setelah kita berkunjung ke situs mereka. 

Kekurangan dari forum semacam ini adalah "agak meningkatkan Bounce Rate". Maksudnya, pengguna forum Flag Counters dari luar negeri yang tidak mengerti bahasa di suatu web/blog, hanya akan mampir ke blog untuk memberi tambahan bendera negara mereka, lalu beranjak pergi untuk bergabung lagi ke post kita di forum.

Tapi untuk topik bahasan tertentu, tanggapan terhadap topik atau komentar di sana lumayan ramah dan tidak berlebihan. Jadi, forum ini memang asyik nggak asyik sih, yah simple dan imut :-D ..

Saya suka itu, walau tetap saja tidak mau terlalu aktif, nanti malah susah fokus sama hal-hal utama. Forum flag counter ini still my first love dech, hihi.

Informasi lebih banyak mengenai daftar Forum internet terkenal di dunia ada di:
  • www.forum-services-review.toptenreviews.com/popular-forums.html
  • www.wealthresult.com/2013/08/top-10-biggest-forums-on-internet-and.html
  • www.forumlist.info/
  • www.forumrankings.net/
  • en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_forums
  • en.wikipedia.org/wiki/Troll_(Internet)
Silakan di pantau, siapa tahu bisa menjadi pengetahuan tambahan ya dears.


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori:
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan