Indonesian Rock Bands - Daftar Band / Musisi Rock Indo

Hello Dears, Here i share the list, nama band / musisi Indonesia dengan genre Rock n Roll, Metal, Punk, dll .. sub-nya ..

Eh, ada yang sama seperti saya tidak? Itu lho, soal membedakan antara Rock dengan Metal? Bingung tidak? Kayaknya agak puyeng yah, keduanya identik dan punya banyak turunan sih...

Hmmmmm, gimana kalau kita bahas sedikit tentang ROCK METAL Family sebelum masuk ke List? Setuju? Harus dong :D

Daftar Band dan Musisi Rock Indonesia
Image © Eva d0LLzz
Rock Indo ~ Rockin' Do The Best

#ROCK


Mengenai "sekilas" sejarahnya: Musik Rock adalah bagian dari Musik Populer, berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari genre "Rock n Roll".
Rock n Roll sendiri merupakan kombinasi berbagai musik yang memang sangat dekat dengan unsur genre itu sendiri. Yakni Rhytm and Blues dan Musik Country. Mulai benar-benar dinamai rock & roll sejak sekitaran 1940-1950an. 
Jadi, secara musikal, genre Rock ini dipengaruhi kuat oleh sejumlah genre utama Rock n Roll tersebut, lalu ada sedikit pengaruh dari genre musik Jazz (melalui alat musik gitar Bass), musik Klasik dan beberapa genre lainnya yang bersaudara.

Sejak itu perkembangannya semakin pesat, berbagai macam gaya baru terus tercipta, baik di Amerika maupun di Inggris. (Terus berlanjut hingga ke hari ini, semakin bervariasi dan sudah mengakar di seluruh dunia). ^_^

Secara karakteristik, musik Rock identik dengan Gitar Elektrik, Bass Elektrik, Drum, ditambah dengan Strong Vocals. Dan pastinya musik ini juga membutuhkan paduan grup super solid dan mumpuni untuk bisa menghasilkan tune yang mantap. (This is why i love this genre, eh eh eh). ^^

Selengkapnya: Rock Music Sources.


#METAL


Lagi-lagi kita 'sedikit' bicara teknis di sini. Yap, Metal juga merupakan bagian dari genre Rock. Asal muasal Metal juga berdasarkan gaya inti dari musik Blues Rock dan juga Psychedelic.

Nah dari situ, bisa dikatakan bahwa elemen utama Metal ini sama dengan musik Rock diatas. Namun pada musik Metal, distorsi gitar-nya lebih keras dan bulat. Bass dan Drum pun terdengar lebih padat. Karakteristik lainnya; Solo Gitar-nya lebih panjang, Beat-nya lebih tegas.

Oh iya, sebutan Metal dan Heavy Metal itu sama lho, jadi seperti yang pernah saya tulis di postingan Rock vs Metal, genre musik Metal ya juga tercipta dari unsur Rock yang diubah menjadi lebih Ekstrem (Keras/Berat). Pokoknya lebih Garang nan Sangar gitu deh. ^^

Selengkapnya: Metal Music Sources.


#ROCKIndo


Yup, Rock Indonesia, inilah topik utama di postingan ini. Di negara kita tercinta ini pun banyak sekali Band maupun Musikus beraliran Rock. Biasanya kita menyebutnya dengan Musik Cadas. Khusus untuk musik cadas Indonesia (dan nusantara), memang terasa lebih gurih dengan sisipan irama tradisional. Jadi tidak hanya mengejar segi "komersial" atau ke'mainstream'an saja.

Yeah, Keren. Untuk hal lainnya, kebanyakan lirik dan tema dari lagu-lagu di genre ini memang menohok, enggak neko-neko deh. Meski terkadang ada juga karya yang agak 'terlalu' keras untuk di konsumsi secara umum. Yah, pilah pilih saja.

Dan pastinya, masih bisa di ambil sisi positif dari kecadasan musik ini >> "Menyalurkan sebuah (bentuk) ekspresi nyata dan menunjukkan kepedulian terhadap kehidupan sosial budaya maupun sosial politik tak harus di salurkan melalui kekerasan otot."

Janganlah brutal tak karuan, kebebasan diartikan dengan legalnya perusakan (demo anarkis), menyakiti sesama secara verbal (atau ketikan dunia maya), merugikan orang lain demi Ego dan ambisi pribadi yang berlebihan.

Jika begitu,  Boro-boro hiburan atau keindahan (pendengaran dan penglihatan), yang ada malah bikin eneg ketika kita harus menghadapi yang begitu terus menerus. Capek.. (Ooopss :D)

Forget it!

Eh tunggu, ada juga lho karya cadas yang romantis, serius, coba deh oprek lagi seluruh lagu-lagu Rock Metal Indonesia sejak dulu hingga ke hari ini. They're Never Dies. ^^

Bagi saya, seni adalah rasa.



So, secara kesulurahan,

Band/Grup Rock & Metal sama-sama di dominasi oleh Band dengan member (anggota) yang berjumlah 4-5 orang. Terdiri dari (Lead) Vocalist, (Lead + Rhytm) Guitarist, Bassist, dan Drummer. Jikapun ada tambahan, umumnya cuma untuk posisi Keyboardist. Seniman Musik yang bergerak secara Solo seringnya akan perform dengan alat musik, yaitu gitar.

Kesimpulan:

Untuk dapat mendefinisikan apa itu genre musik Rock dan Metal secara lebih gamblang dan lebih fixed satu arah (Technically), saya rasa tidak mudah. 

Kalau kita baca lagi sejarah dan telaah perkembangannya satu-per-satu dan year-by-year, agak pusing juga lho. Kompleks.

Tetapi ketika kita bisa merasakan dan menikmati hasil akhir kerja keras mereka, tak akan ada masalah, "Let's just Rock it Out" .. [English opo iki :D] -Hanya ini (yang saya tahu)- .. hehehee.

Beberapa genre yang termasuk keluarga rock (saudara dekat - saudara jauh) .. ^_^
· Alternative
· Nu Metal
· Black Metal
· Pop Punk
· Blues Rock
· Pop Rock
· Death Metal
· Power Metal
· Deathcore
· Progressive Metal
· Grunge
· Progressive Rock
· Hard Rock
· Punk Rock
· Hardcore
· Rap Metal
· Heavy Metal
· Rock Ballads
· Screamo-Emo
· Ska
· Melodic Death Metal
· Soft Rock
· Metalcore
· Symphonic Metal
· Modern Rock
· Thrash Metal

Simak juga celotehan lainnya: Jenis Musik Modern (Musik Popular)


Pada list ini mulai dari yang klasik sampai kini, baik yang masih aktif maupun yang sudah jarang muncul.. (And again i said it's all about taste & Ini hanya band-band yang sudah pernah di dengar oleh masyarakat awam seperti saya saja ya)..

Check 'em Out;
  1. God Bless
  2. Slank
  3. Boomerang (juga Lost Angels)
  4. Edane
  5. Jamrud
  6. Power Slaves
  7. Power Metal
  8. Dewa 19
  9. BIP
  10. Flowers
  11. U'camp
  12. Gigi
  13. Deadsquad
  14. Burgerkill
  15. Netral
  16. Andra And The Backbone
  17. Betrayer
  18. Superman Is Dead
  19. /Rif
  20. Koil
  21. Seurieus
  22. Superglad
  23. Whizzkid
  24. Marjinal
  25. Endank Soekamti
  26. The Sigit
  27. SiksaKubur
  28. Baron soulmate
  29. Killing Me Inside
  30. Time Bomb Blues
  31. Roxx
  32. Gugun Blues Shelter
  33. Pas Band
  34. Rocket Rockers
  35. Saint Loco
  36. Funky Kopral
  37. Garasi
  38. Geger
  39. Evo
  40. Kotak
  41. Winner
  42. Utopia
  43. Cokelat
  44. Efek rumah kaca
  45. Padi
  46. Naif
  47. Pee Wee Gaskins
  48. Log Guns
  49. 7kurcaci
  50. Kapten
  51. Djiwa
  52. Tipe - X
  53. Bondan Prakoso & Fade2Black
  54. Sheila On 7
  55. Jikustik
  56. Kla Project
  57. Iwan Fals
  58. Ahmad Albar (Solos)
  59. Gito Rollies
  60. Mel Sandy
  61. Anggun (Classic)
  62. Nicky Astria
  63. Inka Christie
  64. Nike Ardila
  65. Atik CB
  66. Oppie Andaresta
  67. Tere
  68. Dst.......
(Maaf baru bisa update info genre Rock Metal, nanti setelah ini baru update lagi list Band/Musisi-nya) .. #Peace. ^_^


Here another cool list, simak ini juga ya:
Bagaimana? Setuju dengan list saya? Atau mau nambahin?.. 

Iya dong pasti lah ya, karena memang banyak sekali lho band-band rock Indo yang hebat, tetapi kebanyakan, kalau dipost semua di sini bisa "wuahhhh panjaaanngg" tuh, hehe.

Keep On Rockin'


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan