Mengupas Tuntas Cerita Donal Bebek - DONALD DUCK'S FAMILY

Yup Donald Duck (Donal Bebek) .. Tokoh kartun yang satu ini bukan hanya terkenal karena ceritanya, tapi segala yang ada pada dirinya juga ikut terkenal (ceile). Donal bebek muncul sejak 1934, wow sudah lama banget ya.

Ciri khas utamanya adalah penampilannya alias gaya berpakaiannya. Dengan baju dan topi pelaut birunya (Terkadang hitam) dipadukan dengan tubuh bebek berwarna putih dan kuning, membuat Donal bebek terlihat lucu sekaligus berkarisma.

Donal Duck - Donal Bebek - evadollzz.com
Donal Bebek
Ciri khas lainnya ada pada suara dan caranya tertawa, aduh saya sampai tersenyum sendiri membayangkannya, lucu banget. Tapi itulah yang membuat kita suka sama Donal bebek ini.

Gaya bicaranya yang lucu namun tegas dan angkuh ini membuat Donal bebek menjadi Tokoh kartun yang paling ikonis. Diluar serial kartunnya, karakter Donal bebek sering dijadikan mascot untuk keperluan-keperluan yang beragam.


Dalam cerita... Pada kehidupan sehari-hari Donal di kota bebek, Donal didampingi oleh tiga orang keponakan laki-lakinya yang kembar yaitu Huey, Dewey, Louie (Di Indonesia: Kwik, Kwek, Kwak), punya ciri khas baju dan topi yang berbeda warna untuk membedakan masing-masing.


Huey Dewey Louie. Kwak Kwek Kwak.
Kwik - Kwek - Kwak
Mereka lah yang paling mengerti dan menyayangi Donal, mereka sering membantu Donal dan menutupi kekurangan donal, tapi terkadang mereka juga nakal dan sering menjahili Donal lho, namanya juga anak-anak ya kan, hihi.


Disamping para keponakannya, Donal punya pacar cantik bernama Daisy (Desi) yang juga sering membantunya dan sangat mengerti donal. Sifatnya sangat bertolak belakang dengan Donal, tapi sangat menyayangi Donal.

Daisy Duck
Desi
Selain itu Desi yang pintar dan modis ini sangat pencemburu lho, walau dirinya sendiri sering memanasi Donal dengan membuat janji temu dengan pria lain, wah saya jadi iri :D ..


Donald dan Dessy Bebek Kecil.
Donal dan Desi waktu kecil.


Dari sisi luar, mungkin Donal terlihat / tergolong sebagai orang yang “asal-asalan”. Dengan sifat pemarah dan pendek akalnya tak jarang Donal menemui kesialan-kesialan karena perbuatannya sendiri.

Dari sisi pekerjaan juga Donal lebih sering menganggur dan terkesan malas, tapi bila kita benar-benar mengikuti cerita Donal, pasti kita akan tahu bahwa kemalasan dan kegagalan Donal ini bukan sepenuhnya datang dari dirinya lho.


Hal itu juga disebabkan oleh campur tangan pihak-pihak usil, yang mungkin sebenarnya sangat mengagumi sifat asli donal yang penuh tanggung jawab, bertekad keras dan terkadang cerdas juga.

Pihak-pihak tersebut biasanya hanya memanfaatkan situasi kehidupan Donal yang sedang kacau dan ada juga yang merasa iri dengan karisma Donal sebenarnya.

Sebut saja Scrooge McDuck (Paman Gober). Seorang Konglomerat (terkaya didunia) yang juga adalah Paman dari Donal bebek. Paman Gober terkenal pelit, perhitungan dan suka melegalkan segala cara agar tidak rugi.


Selain sifat khasnya itu, Paman Gober identik dengan tongkat kecil yang selalu berada disebelah tangannya, topi dan juga kaca mata kecilnya.

Hobi Paman Gober adalah berenang, bukan dikolam atau dipantai nih, tapi digudang uang miliknya, dan terkadang main ski diatas tumpukan koin emasnya, WOW pengeeeennn, hehe.

Scrooge McDuck. Paman Gober.
Paman Gober
Tapi Paman Gober adalah satu-satunya orang yang sering memberi Donal pekerjaan (mungkin itulah bentuk perhatian dan kasih sayang seorang paman kepada keponakannya).

Pekerjaan yang utama adalah mengelap/ membersihkan koin-koin emas digudang uangnya.

Pekerjaan lain adalah saat Paman Gober mengalami kebuntuan/ kebingungan apabila merasa nyaris bangkrut (mana mungkin) atau saat ia merasa diincar oleh segerombolan perampok, maka ia akan meminta bantuan Donal dengan iming-iming upah/gaji lebih (padahal gaji donal sering ditunda, hihi). Paman Gober hanya percaya sama Donal.

Dikarenakan sifat Donal yang terkadang lugu serta mengingat tumpukan tagihan yang harus dibayar, Donal hampir tidak pernah menolak tawaran Paman Gober.


Tapi Paman Gober selalu melakukan kelicikan lagi dan malah membuat Donal dihukum dengan potong gaji. Kalaupun Donal diberi uang lebih, itu akan dihitung sebagai pinjaman/hutang, gali lubang tutup lubang nih.


Tokoh-tokoh lain yang sering muncul disekitar Donal bebek:


Ada Gladstone Gander (Untung Angsa), Sepupu Donal yang selalu mengganggu kenyaman hidup Donal.

Untung Angsa memang seperti namanya, selalu beruntung dalam apapun yang lakukannya. Di sisi lain, Untung angsa selalu merasa iri dengan Donal bukan hanya pada kemampuan asli Donal, tapi juga karena Desi pacar Donal.

Gladstone. Untung Angsa.
Untung Angsa
Untung angsa memang menyimpan rasa terhadap Desi, ia selalu berusaha merebut Desi dari Donal, tapi hal inilah yang mungkin membuat Untung menjadi kurang beruntung, Desi selalu berbaikan dengan Donal dan selalu memilih Donal pada akhir persaingan Donal dan Untung.


Elvira Coot (Nenek Bebek). Nenek yang baik hati dan penuh kasih sayang. Bagi seluruh keluarga, Nenek adalah segalanya, tempat untuk mengadu dan berkeluh kesah. Terutama bagi Donal, Nenek adalah salah satu yang paling mengerti donal dan selalu tulus menyayangi Donal (Semacam Best of the Best dimata Donal).

Semuanya rela melakukan apa saja demi membahagiakan Nenek Bebek, termasuk Paman Gober, hanya Nenek yang bisa menasehati Paman Gober. Selain kebaikan dan kehangatannya, Nenek bebek sangat ahli membuat kue super lezat. 


Nenek Bebek. Elvira Coot.
Nenek Bebek
Ada satu cerita tentang "Oven" Nenek yang rusak, semua anggota keluarga panik (bukan hanya karena sedih melihat Nenek murung, tapi juga sedih karena mungkin tidak bisa merasakan kue Nenek yang lezat lagi, hihi). 

Yang membuat cerita ini begitu mengharukan bagi saya adalah Semua anggota keluarga berusaha sekuat tenaga untuk membelikan oven baru buat nenek.


Sampai-sampai kwik-kwek-kwak membuka celengan, Donal kerja paruh waktu, Desi menunda belanja, bahkan Paman Gober rela menyisihkan uang kesayangannya yang selama ini sulit keluar itu dan ikut membelikan oven untuk Nenek.


Hasilnya rumah Nenek jadi seperti toko oven, akhir dari cerita itu bisa anda baca di serial komik/majalah donal bebek edisi 2010/2011 (saya lupa tepatnya kapan), hehe, Benar-benar mengharukan ^_^ .. Nenek Bebek is the best.



Gyro Gearloose (Lang Ling Lung) dan Lampunya. Lang ling lung adalah seorang penemu jenius namun ceroboh, selain dari penemuan menakjubkan, banyak juga penemuan Lung yang gagal. Sehari-harinya Lung selalu ditemani lampu penemuannya yang bisa bergerak dan membantunya merakit alat temuannya.

Gyro. Lang Ling Lung.
Lang ling lung dan Lampu
Lung sering dijadikan sumber untuk membuat alat penghasil uang atau peralatan canggih dengan biaya super murah oleh Paman Gober. Bagi Donal, Lung salah satu tempat pelarian bila merasa buntu, meminta pekerjaan sampingan atau meminta alat tidak terpakai untuk dimodifikasi sendiri.


Magica De Spell (Mimi Hitam) adalah penyihir yang selalu mengincar "koin pertama/ keping keberuntungan" Paman Gober untuk dileburkan di kawah gunung berapi agar bisa menjadi benda mistis yang jika disentuhkan ke suatu benda maka benda tersebut akan berubah menjadi emas. Wow mau dong Mim, hihih.

Mimi Hitam. Magica De'spell.
Mimi Hitam
Ciri khas Mimi adalah dandanan serba hitam dan sapu terbangnya. Usahanya merebut keping keberuntungan Paman Gober selalu menemui kegagalan, karena selain dibantu oleh Donal dan tiga keponakan, Paman gober sudah sangat hafal dengan hawa keberadaan Mimi walaupun Mimi menyamar.


Terakhir ada The Beagle Boys / Beagle Family atau "Gerombolan Siberat", sekelompok perompak yang sering mengincar gudang uang milik Paman Gober. Namun seringnya ya berujung sial gitu deh. Kalah melulu, ujungnya ya masuk lagi deh ke kurungan.

Gerombolan Siberat. The Beagle Boys.
Gerombolan Siberat. The Beagle Boys.
Eh tunggu, ada juga beberapa cerita dimana gerombolan ini menjadi baik (masuk angin kali ya, hihihi). Dan satu sisi bagus dari mereka ini adalah mereka sangat sayang dan hormat (tepatnya takut) sama Ibu mereka :D


Nah setelah mengetahui tentang tokoh-tokoh yang sering muncul pada cerita Donal bebek yang termasuk dalam keluarga inti donal bebek, sekarang mari kita lihat keseluruhan Keluarga Besar Donak Bebek. Berikut silsilah keluarga Donal, turun-temurun:

Donal Duck Family - evadollzz.com
Keluarga Utama Donald Bebek

Silsilah Keluarga Donal Bebek - evadollzz.com

Bagaimana? Menarik kan?

inilah alasannya kenapa Donal Bebek menjadi salah satu dari Tokoh-tokoh Kartun dunia Sepanjang masa menurut saya.

Cerita dan karakter-karakter di "Donal Bebek" ini punya ciri khas dan tidak membosankan. Namun dari segi kepadatan gambar + dialog di komiknya masih "agak" kurang dibanding komik lain. But i still like this story, Best Ever ;-).

Ok Dears, Terima kasih atas waktunya untuk mampir dan membaca rangkuman cerita Comic ya ;)


Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: , ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan