2 Aturan Konten Di Internet Yang Paling Utama

Hello Dears, apa kabar nih? .. Sudah lama saya libur dari Blog ini.. Maklumlah, ada beberapa hal offline yang penting, dan setelah itu saya langsung mengoprek blog Galeri. Akhirnya tercapai nih punya blog gambar ^.^ ..

2 Aturan Konten Di Internet Yang Paling Utama

Yup, sesuai judul, "Peraturan Konten Di Internet"..

Konten, kalau diartikan dari kata Content sih banyak artinya, tapi kalau dilihat dari penempatannya pada peraturan di Internet (termasuk medsos) maupun aturan umum, bisa kita simpulkan:
Konten (internet) adalah isi atau muatan yang terkandung dalam sebuah halaman internet.
Hmm, jadi memang tidak terbatas pada artikel blog saja, tetapi juga menyangkut status atau komentar di situs-situs bersosial. (Juga gambar atau Meme, video, maupun audio).

Saya yakin anda sudah sangat sering dan mungkin mulai jenuh membaca bahasan yang begini ini.

Hehe, maaf deeeeeeh, saya mengerti kok, makanya saya hanya akan mengambil 2 poin terpenting yang akhir-akhir ini semakin sering di warning oleh banyak pihak.

Apa saja aturan konten itu?


#1  Konten tidak boleh menyinggung dan/ atau melanggar SARA.


Yup, sudah tahu apa itu SARA kan? Itu lhoo suku, agama, ras dan antar golongan. Iya juga yah, kalau sudah menyangkut Suku, Agama dan Ras, kebanyakan dari kita akan jadi agak sensitif. Kan?

Hanya saja, masing-masing orang punya cara dan prinsip berbeda saat menghadapi hal yang begitu.
  • Ada yang bisa menanggapi hal itu dengan santai atau legowo.
  • Ada yang menanggapinya dengan tenang (sopan) namun pedas dan tepat sasaran.
  • Ada juga yang akan menanggapi dengan lebih blak-blakan,
  • Ada juga yang memilih cara yang agak keras dan tegas.
Yang namanya dunia maya, segala hal mungkin saja terjadi, sudah banyak contoh, positif negatif dan pro kontra selalu ada, ya kan?..

Yang pasti, coba untuk tenangkan diri sebelum menanggapi atau mengomentari konten yang ada di Internet.

Saya sendiri termasuk  pengguna yang jarang mengomentari sesuatu di Internet, terutama di situs-situs umum yang sudah sangat terkenal, wuaahhh saya justru takut alias minder untuk gabung komentar atau nimbrung obrolan..

Padahal kontennya sudah sangat menggugah selera saya untuk berkomentar, tapi saya urungkan niat dan memilih untuk berlalu tanpa kata-kata, cie cieeee ..

(Tapi untuk hal lainnya saya malah ke-pede-an, gimana tuh? :D..)

Aman kan? .. Ohhhh, tunggu dulu, artikel blog ini bagaimana? Apa Aman? (Semoga)

Mari lihat poin selanjutnya.


#2  Konten tidak boleh berunsur provokasi atau hasutan.


Maksudnya adalah konten "panas"....... Eits, bukan konten "ehem ehem ++ alias p*rnografi" lho ya, kalau itu sih mudah ditebak.

Tapi ini tentang konten yang berpotensi menimbulkan hal panas antara pihak A dengan pihak B. (begitulah kira-kira).

Atau konten yang secara terang-terangan berisi ajakan (hasutan) untuk membenci seseorang; suatu brand; suatu golongan. Juga termasuk "Hate Speech/Keyboard Warrior iseng".

Kenikmatan dan keindahan dari kebebasan berekspresi pun jadi agak berkurang kalau begitu. Ada baiknya kita memikirkan perasaan orang lain juga, (terutama nama baik keluarga), sebelum kita bertindak atau berucap didepan umum, tak ada ruginya lho.

Mengerti kan dears? (:D)


Hal-hal tersebut terkadang bikin paranoid para tukang tulis blog .. (oops, mungkin bagi yang lain hal ini sepele dan tak ada masalah ya)

Coba anda buka dan baca beberapa artikel saya ini. (kalau anda ada waktu);

Article 1 : Ini yang "Asyik Nggak Asyik" Di Ask Fm + Akun Terfavorit

Bagi yang tidak pernah merasakan betapa "sakitnya tuh disini" saat ada seseorang tak beridentitas (Anonim) yang menggores hati kita didepan umum, pasti akan menilai bahwa artikel itu cenderung nekat dan menyulut api..

Wah Maaf saja Mas/Mbak, saya bukan Biang Onar (Keributan), saya hanya Biang Keringat, eehhh? kidding, biar santai ^_^

Kalau anda sudah membaca artikel kami itu, saya harap anda mengerti bahwa saya dan adik saya tidak bermaksud untuk sok jago atau sok menantang para anonim. Ada "pesan" yang kami sampaikan dibalik kalimat-kalimat disitu, hehe, got it? ..

Yang penting kami sudah sangat berhati-hati dalam berpendapat dan berusaha untuk tetap nyeleneh, namun santun, uhuk uhuk, (gaya-nya :D)..


Article 2 : Fungsi Utama "Help Center Dan Customer Support" Di Internet

Artikel kedua adalah tentang fungsi utama help center (pusat bantuan) di Internet. Siapa tahu ada pihak tertentu yang menganggap tulisan saya itu terlalu detail atau terlalu terbuka atau sungguh ter-la-lu.

Ciyus deh (:D), Saya tidak bermaksud complain atau semacamnya lhoo, saya hanya berbagi tips, info serta pengalaman.

Saya tidak menuliskan ejekan atau ancaman apapun disitu, ada satu kata yang merupakan ungkapan "agak" geram pun saya sensor dengan tanda '*' .. 

Jadi, saya tidak asal posting dan tidak ngasal mengungkapkan emosi di blog.

Hhhfhh  ^_^


Article 3 & 4 : Judulnya Apa Ya? - Trend Sosial Yang Ramai Di Internet? Dan Ini Dia Jenis-jenis Selfie - What about you?

Nah 2 artikel yang saling terkait. Tetapi yang dua ini lebih ditujukan kepada pengguna biasa seperti saya. Dan ya, saya sendiri tidak luput dari melakukan kesalahan kecil di media sosial.

Misalnya menggunakan slang atau singkatan gaul dalam percakapan online, upload foto selfie kurang penting di fb, hingga ke status galau yang agak 4l4y.

Dari pengalaman-pengalaman itu saya mencoba untuk menggabungkannya dengan trend-trend "Social Internet" terkini.

Saya rangkum, kembangkan lagi, lalu bagikan agar bisa jadi bacaan sekaligus info untuk teman-teman.

Tapi kembali lagi ke lumrah pro kontra di Internet, belum tentu bahasan saya itu bisa diterima oleh semua orang.

Itulah sebabnya, diakhir dan kesimpulan artikel-artikel review saya, akan selalu ada pernyataan semacam ini > "bahasan ini menurut pengamatan awam saya lhooo, mohon maaf kalau ada yang salah atau gimana, anda bisa protes di kolom komentar atau email (dengan cara yang baik :D)" ..


Yaaaaa, begitulah..

Para perusahaan raksasa di Internet maupun Kemkominfo Indonesia juga pasti punya tim/staff penilai konten yang cakap, bijak dan adil. Mereka pasti tahu detail kriteria konten yang baik dan benar itu seperti apa. (Selain mesin / program tentunya ^_^).

Meskipun tidak menutup kemungkinan akan adanya kesalahan teknis yang terjadi secara "tidak sengaja".

Contohnya: "Memroses atau menyaring" konten yang tidak terlalu rentan, dan kemudian malah "me-lewat-kan" konten yang sangat rentan. (Note: Itu hanya ilustrasi :D).

Di situlah poin yang agak membuat was-was pengguna Internet. Acap kali yang terkena "kesalahan teknis" itu jadi bertanya-tanya seperti ini: "Lhooo kenapa konten saya dianggap 'bermasalah'? Sementara konten si A, si B dan si C yang lebih "panas" kok tidak kena?"

Iya kan? .. Anak gaul pasti akan menjawab: "Don't Over Think About It" .. (#SayaBaruBelajarEnglish) .. Jiaaaaaelaahh, tergantung sikon (situasi dan kondisi) juga dong..

Kalau yang terjadi pada Anda seperti "ilustrasi" diatas bagaimana? Mana mungkin bisa cuek kan?

Setiap instansi/institusi/perusahaan ol pasti punya ruang "diskusi; aduan; dan pembelaan hak", jadi manfaatkan saja hal itu, klik link yang tersedia, langsung hubungi pihak terkait. Ok?

Lalu, cara sederhana untuk mengurangi resiko terkena "kesalahan teknis" (menurut saya) adalah dengan cara ::
  1. memposting atau mengomentari sesuatunya dengan sewajarnya saja, 
  2. sebisa mungkin untuk "memperhalus" hal-hal sensitif, 
  3. jangan berlebihan posting-posting yang terlalu pribadi, nanti kita sendiri yang lelah.. ^_^
Again, ini menurut saya lho ya, kalau ada diantara pembaca atau pihak tertentu yang tidak sepaham dengan ulasan ini, yah mau gimana lagi, Saya mohon maaf 'n Peace ya.

Mari terus belajar dan berusaha yang terbaik untuk diri sendiri dan sekitaran. Amin.

Oke Dears, Sekian dulu untuk kali ini.


Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan