Tips Aman Media Sosial - Social Networkings-

Tips aman ber-medsos bagi yang awam seperti saya. ^^

Enjoy Your Social Networks - Setelah mengurai beberapa hal tentang Media Sosial/Jejaring Sosial, sekarang langsung saja kita lihat apa saja sih cara-cara agar kita aman dalam bersosial di dunia per-internet-an (berdasarkan pengalaman pribadi dan curhatan teman-teman), berikut tipsnya;
  • Pastikan jangan “terlalu” mempublikasikan informasi pribadi anda diketerangan “tentang anda” pada profil jejaring sosial anda. Seperti nomor handphone, (WA, wechat, line), pin bb, email pribadi atau alamat rumah. Kecuali akun anda adalah akun bisnis, pastikan anda cantumkan alamat dan nomor telepon yang jelas agar dipercaya oleh customer. (Simak: Help center dan Customer support)
  • Walaupun anda sudah lama punya akun (pribadi), lebih baik segala hal pribadi dibicarakan secara pribadi pula, yaitu melalui “pesan” atau “private message”.
  • Paling PENTING: Jangan pernah malas untuk memantau perkembangan pertemanan anda. Jangan asal menerima pertemanan dan menumpuk teman sampai beribu-ribu tapi kenyataannya hanya segelintir saja yang benar-benar anda kenal. Kalau sampai terjadi hal-hal yang buruk anda akan sulit untuk melacaknya. 
  • Usahakan untuk meng-update status atau foto seperlunya saja. Selain alasan keamanan, hal ini juga agar anda tidak terlihat “berlebihan” dengan selalu meng-update status yang sebenarnya tidak ‘terlalu’ perlu menjadi konsumsi umum. 
  • Jangan mengatur semua postingan anda dengan “public” atau “semua orang”, itu artinya setiap hal yang anda post akan terlihat dan bisa dibagikan oleh semua orang. Lebih baik diatur dengan “hanya teman” untuk mencegah penyalahgunaan informasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. (Simak: Privasi oh Privasi)
  • Seperti yang kita tahu, terlalu banyak kasus dimana orang asing/tak dikenal sering mengambil kesempatan akan apa yang terjadi dikehidupan pribadi seseorang, seperti menculik, merampok, menipu, dsb. Semua berawal dari adanya kesempatan dan jalan yang terbuka yang bisa digunakan untuk mengatur perencanaan matang sebelum melakukannya. Berhati-hati lah. 
  • Di setiap jejaring sosial atau website pasti menyediakan Pengaturan privasi, Block/Blokir, Delete/Remove/Hapus, bahkan Pengaduan/Report. Bila anda merasa perlu menggunakan fasilitas-fasilitas dan fitur-fitur tersebut, jangan segan menggunakannya. 
  • Anda bisa mencarinya di tab “HELP/FAQ/PRIVACY POLICY” yang pasti tersedia di semua web jejaring sosial untuk bantuan lebih lanjut seputar wadah tersebut. Anda juga bisa menggunakan mesin-mesin pencarian untuk mencari informasi “contact/email support” suatu platform. (Simak: Tren Sosial)
  • Bila cara diatas sudah terlanjur tidak bisa dan terlambat, anda bisa melanjutkannya ke proses hukum melalui pihak berwenang seperti kepolisian, namun hal ini tentunya masih agak sulit untuk kejahatan di dunia maya (Cyber Crime... Ugh), dibutuhkan bukti-bukti kukuh serta materi dan waktu yang banyak untuk bisa menyelesaikannya. (Update 2017; Sekarang sudah ada badan-badan resmi yang khusus menangani kejahatan siber. Semoga tetap efektif dan efesien, agar pengguna awam dan pemula juga bisa tetap aman dan nyaman dalam mencari ilmu dan pengalaman di internet. ^^)
  • Jadi, kembali lagi ke sebuah kutipan yang mengatakan “Pencegahan lebih baik daripada Pengobatan” (uhuk uhuk), ini juga bisa diterapkan pada aktivitas jejaring sosial kita. 
  • Mungkin saja nantinya kita akan dicap ‘sok’, atau apalah itu oleh orang-orang yang kurang senang dengan tindakan kita itu, tapi ini demi kita sendiri (dan mungkin demi orang-orang baik disekitar kita terutama keluarga kita), yang pasti sifat asli kita tidak sesombong itu kan, xixixixixi. (Simak: Memblokir teman di medsos, jahatkah?)

Belajar dari pengalaman-pengalaman, tidak salah bagi kita untuk lebih waspada agar tidak terlena oleh hal yang kurang pasti. Cukup dengan mengerti batasan-batasan aturan, saya rasa kita sudah bisa aman. (Simak: Menikmati Silence Tersendiri)

Untuk menghilangkan 100% risiko memang tidak mungkin, tetapi untuk meminimalisir (sekecil mungkin) masih banyak cara yang bisa dilakukan. Contohnya seperti yang saya uraikan pada poin-poin di atas.

There we goes, nikmati hidup senikmat-nikmatnya dengan kenikmatan rasa aman dan nyaman. 


Thanks For Stopin' By My Blog
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan